Merasa "Introvert" ? Inilah Pekerjaan-Pekerjaan Yang Cocok Buat Introverts

Hasil gambar untuk Bakat dan Hobi
Bagi orang-orang introvert, mencari pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dibilang gampang. Sifat menyendiri yang melekat menjadikan mereka menjadi pribadi yang tertutup dan tidak terlalu suka berada di keramaian. Untuk mereka yang menyadari akan diri mereka bahwa mereka termasuk intovert lebih dini, dari awal mengambil jurusan saat kuliah tentu sudah mempertimbangkan matang-matang mengenai prospek kerja yang bisa diambil jika masuk ke suatu jurusan prodi. 
Lain halnya jika sampai saat ini kita masih bimbang mengenai pekerjaan apa yang sebaiknya dilakukan. Karena tidak hanya sekedar gaji, tetapi bekerja dengan nyaman tentu akan lebih menyenangkan bukan ? Berikut merupakan beberapa alternatif pekerjaan yang cocok untuk kita yang merasa memiliki kepribadian "introvert". Simak dan baca dengan teliti guys,,,,

Hasil gambar untuk Penulis#1. Menjadi Penulis
Penulis merupakan pekerjaan yang penuh dengan imajinasi yang dibangun untuk diwujudkan lewat kata-kata. Penulis disini bisa kemudian menjadi penulis novel, content writer di sebuah start up atau menjadi seorang blogger. Tentu saja menyenangkan ide lewat tulisan tanpa harus bekerja dengan orang banyak atau berbicara di depan umum.




Hasil gambar untuk Programmer#2. Programmer
Introvert adalah pemikir yang baik dan memiliki tingka konsentrasi yang tinggi. Hal ini tentu akan sangat cocok jika kita menjadi seorang programmer. Kemampuan memecahkan coding lewat logika serta tingkat kerumitan yang dimiliki dalam pekerjaan ini menjadi tantangan tersendiri.  Untuk kita yang introvert, akan menjadi hal yang menarik daripada harus bekerja dalam tim yang diwajibkan untuk bertemu dengan banyak orang.

#3. Seniman
Hasil gambar untuk SenimanBanyak penelitian mengungkapkan bahwa orang introvert punya jiwa seni yang tinggi. Tentu saja, desainer grafis menjadi salah satu pekerjaan yang cocok. Berkutat di balik layar dengan menuangkan ide ke dalam  bentuk grafis menjadi pekerjaan yang menarik bagi introvert. Kemampuan tidak melulu harus diungkapkan lewat kata tetapi juga bisa lewat hasil desain yang mengagumkan. Kita bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual saat kuliah agar bisa bekerja di bidang ini.

#4. Translator
Hasil gambar untuk Translator
Pekerjaan ini akan dianggap membosankan bagi mereka yang menyukai hingar bingar. Tetapi, tidak untuk kita yang memiliki jiwa introvert. Mempelajari sebuah bahasa tentu menjadi tantangan tersendiri, apalagi bisa bekerja sebagai penerjemah. Berkutat dengan banyaknya lembar demi lembar yang dihargai tidak sedikit untuk diterjemahkan menjadi hal yang mengasyikkan daripada harus bekerja di tengah-tengah keramaian.






#5. Akuntan
Hasil gambar untuk Muslim memegang kalkulator
Orang introvert itu memiliki keunggulan yang tinggi dalam hal ketelitian. Tidak menjadi suatu yang mengherankan kalau akuntan adalah salah satu pekerjaan yang sangat cocok bagi mereka yang intovert untuk didalami dan digeluti. Menekuninya meski harus bertemu angka setiap hari tidak akan menjadi suatu masalah bagi mereka yang jiwanya merupakan jiwa introvert.

Meski introvert tidak terlalu suka dengan keramaian dan hanya terbuka pada orang-orang tertentu dan kondisi tertentu saja, introvert bukanlah suatu kekurangan. Justru dengan kemampuan mereka dalam konsentrasi dan juga ketelitian ternyata mampu untuk lebih baik jika diaplikasikan pada pekerjaan yang tepat. Jadi bagi kita yang merasa seperti orang "Introvert" jangan sampai salah pilih..... 
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama