10 Bahasa Paling Sulit Dipelajari Di Dunia

Hasil gambar untuk bahasa dunia
Kita pasti pernah mendengar perumpamaan mengenai ucapan : "Lidah tidak bertulang tetapi lebih tajam daripada pedang". Kata yang keluar dari mulut kita terkadang memiliki makna berbeda kepada orang yang mendengarnya, mempelajari bahasa asing secara benar menjadi salah satu car dalam menyampaikan makna dari perkataan kita yang sebenarnya kepada orang yang mendengarkan.
Setiap  negara di dunia memiliki bahasa mereka sendiri dan terkadang ada lebih dari satu bahasa di negara yang sama. Untuk mempelajari setiap bahasa ini bukanlah sesuatu yang mudah, ada bahasa yang relatif sama dengan bahasa lokal kita namun beberapa lainnya sangatlah susah. Mereka memiliki nada, kosa kata, dan intonasi yang sulit dipelajari. Berikut merupakan paparan beberapa bahasa asing yang tergolong sulit dipelajari :

Hasil gambar untuk bahasa cina
#1. Bahasa Cina
Bahasa Cina atau yang kita kenal dengan Mandarin ini merupakan bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari. Bahasa resmi yang digunakan di negara Cina dan Taiwan. Di Cina sendiri terdapat dua bahasa Chinese yaitu Mandarin dan Cantonese, namun yang lebih umum digunakan adalah bahasa Mandarin.
Kesulitan dalam mempelajari bahasa Cina pada nada suara pengucapan maupun intonasi dari setiap katanya. Intonasi nada yang terdapat dalam bahasa Cina terbagi menjadi ke dalam lima bagian. Hal ini tentu menyulitkan bagi mereka yang baru ingin belajar bahasa Cina.
Kesulitan lainnya adalah terdapat sekitar 80.000 karakter dan kita diharuskan menguasai setidaknya 3000-3500 kata untuk dapat melakukan percakapan normal dengan orang lain. Sebagai perbandingan, untuk dapat menbaca satu koran dengan bahasa Mandarin setidaknya kita harus paham 3000 kata.

Hasil gambar untuk bahasa arab
#2. Bahasa Arab
Bahasa Arab dikatakan sebagai salah satu bahasa yang lumayan mudah bagi mereka yang beragama Islam dan pernah mukim di pesantren. Namun bagi mereka yang Islam tetapi tidak pernah di pesantren (apalagi yang non-Islam) kebanyakan mengatakan bahwa bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sulit. Hal ini dikarenakan dalam tata bahasa Arab terdapat setidaknya 13 bagian yang digunakan setiap harinya dalam percakapan umumnya.
Jika kita melakukan penulisan kata pada selembar kertas di mulai dari kiri ke kanan, maka dalam penulisan bahasa ini dimulai dari kanan ke kiri, kita harus membiasakan diri untuk hal ini.
Bahasa Arab juga memiliki konsonan plural yang berbeda. Contoh seperti jika dalam bahasa Inggris kita ingin menyatakan suatu yang jamak (lebih dari satu)  akan menambahkan huruf "s" pada akhir katanya seperti Student ( murid / siswa ) Students ( murid-murid / para siswa ) dalam bahasa Arab murid dinyatakan dengan kata "Thalibun" untuk murid-murid / para siswa dinyatakan dengan "Thullabun".

Hasil gambar untuk bahasa jepang
#3. Bahasa Jepang
Bahasa Jepang memiliki 3 karakter kata yang biasanya digunakan, yaitu Hiragana, Katakana da Kanji. Kanji merupakan karakter kata yang memiliki kemiripan dengan Chinese. Jika kita membutuhkan setidaknya 3000 kata dalam tulisan Chinese dalam kanji dapat dinyatakan setidaknya dalam 2000 kata saja. Sedangkan Katakana dan Hiragana terdapat 46 karakter sehingga totalnya menjadi 96 dan jika ditambahkan dengan pengucapan nada menjadi 102.
Jika setiap bahasa memiliki intonasi nada yang khusus, maka di Jepang tidak memiliki intonasi nada khusus hanya saja pengucapan setiap katanya terkadang memiliki intonasi tersendiri yang berhubungan dengan perasaan.

Hasil gambar untuk bahasa korea
#4. Bahasa Korea
Walaupun tergolong kedalam bahasa yang sulit dipelajari tetapi bahasa memiliki konsonan kata yang mudah untuk diingat dan dipelajari. Bahasa Korea merupakan gabungan dari konsonan dan vokal, namun maksimal hanya terdapat 3 kata konsonan dan 1 kata vokal. Bahasa Korea memiliki 19 kata konsonan dan 21 kata vokal.
Bahasa Korea juga memiliki pengucapan kata berbeda untuk menunjukkan penghormatan kepada sesorang yang lebih tua. Biasanya kata penghormatan tersebut ditujukan pada awal percakapan dan pada akhir kalimat.
Bahasa Korea juga merupakan bahasa yang sulit dipelajari oleh orang barat, terutama untuk orang USA. Karena susunan katanya yang berbeda, kata penghormatan dan tata bahasa yang kompleks.

Hasil gambar untuk bahasa yunani
#5. Bahasa Yunani
Pada faktanya bahasa internasional saat ini (Inggris) mengandung 30% kosa kata Bahasa Yunani. Biasanya kata tersebut berupa kata teknikal ataupun yang berhubungan dengan hal ilmiah. Bahasa Yunani memiliki bahasa yang menunjukkan karakteristik gender secara tersendiri seperti untuk laki-laki, perempuan dan netral. Sehingga pengucapan pada akhir kalimat menunjukkan secara langsung kepada siapa kita berbicara, pengucapan kata kerja juga dipengaruhi dari orang, mood, angka dan keadaan.
Bahasa ini memiliki alphabet yang berbeda dari biasanya, dalam Yunani huruf R memiliki kemiripan seperti huruf P. Untungnya jika kita bisa menghafal huruf tersebut kita bisa langsung membaca tulisan bahasa Yunani.

Hasil gambar untuk bahasa hungaria
#6. Bahasa Hungaria
Jika kita terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris mungkin kita akan sedikit kesulitan dalam mengucapkan kata dalam bahasa ini. Hal ini dikarenakan kata "S" dalam pengucapan memiliki bunyi seperti "Sz" sedangkan untuk "S" sendiri bunyinya seperti "Sh".
Dalam bahasa ini terdapat 3 jenis huruf vokal yaitu vokal depan, vokal belakang dan campuran vokal. Bahasa ini tidak memiliki kata khusus untuk membedakan jenis kelamin dan hanya terdapat 3 kata waktu yaitu masa lalu, sekarang dan masa depan.

Hasil gambar untuk bahasa thailand
#7. Bahasa Thailand
Bahasa ini tergolong bahasa yang sangat sulit dikarenakan dari total 46 kata terdapat 5 intonasi yaitu sedang, tinggi, rendah, menaik dan menurun. Walaupun tidak semua kata memiliki 5 intonasi nada namun minimal memiliki 1 intonasi nada.
Sedangkan untuk penggunaan kata tersebut jika didengar secara seksama memiliki nada yang sama namun arti yang berbeda tergantung situasinya. Sebenarnya yang sulit dari bahasa ini ada pada penulisannya, hampir semua yang mempelajari bahasa ini hanya mempelajari penulisannya dan kosa katanya. Penulisan dalam bahasa ini memiliki simbol-simbol tersendiri yang harus dihafalkan.

#8. Bahasa Finnish
Finnish memiliki karakter spesial pada beberapa huruf. Kesulitan lain dari bahasa aing ini adalah dikarenakan terdapat beberapa kata yang memiliki panjang kata yang sulit untuk diucapkan. Untungnya bahasa ini tidak memiliki pengucapan yang berbeda di setiap katanya, kita hanya perlu menyebutkan kata tersebut berdasarkan apa yang kita lihat.

Hasil gambar untuk bahasa hindi
#9. Bahasa Hindi
Bahasa ini berasal dari kata dalam bahasa Persia yaitu "Hind" yang memiliki arti "Land of the Indus River". Bahasa ini digunakan sebagian besar di negara India, sedangkan bahasa resmi ke-2 negara ini adalah Bahasa Inggris.
Dikarenakan Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi ke dua dari negara ini beberapa kata dalam Bahasa Hindi memiliki kesamaan dengan Bahasa Inggris. Bahasa ini memiliki tata bahasa yang cukup sulit dikarenakan perbedaan gender mempengaruhi kosa kata yang digunakan.
Penggunaan bahasa formal juga sangat penting dalam Bahasa Hindi contohnya adalah "Pita" dan "Baap", ke dua kata tersebut memiliki arti sama yaitu ayah, akan tetapi untuk lebih sopan kita harus menggunakan kata "Pita".

Hasil gambar untuk bahasa estonia
#10. Bahasa Estonia
Bahasa Estonia tidak begitu banyak orang yang mempelajarinya dikarenakan bahasa ini hanya digunakan di negara ini saja. Bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa Finnish, walaupun tata bahasa Estonia tidak sesulit bahasa Finnish dan tata bahasanya lebih simple dibandingkan Finnish.

Itulah informasi tentang beberapa bahasa yang dianggap sulit oleh sebagian orang. Sebenarnya dalam dunia ini tidak ada yang sulit asalkan kita memiliki kemauan untuk belajar, terutama Bahasa Arab. Bahasa Arab sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, justru bahasa ini merupakan bahasa yang mudah karena kita (Islam) sudah terbiasa berhadapan dengannya.

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama