Simbol-Simbol Menyusun ERD Basis Data

Simbol-Simbol
Entity Relationship Diagram ( ERD )
Membuat sebuah ERD ( Entity Relationship Diagram ) memerlukan beberapa komponen di dalamnya. Tentu saja tidak ketinggalan salah satunya adalah penggunaan simbol-simbol dalam pembuatan guna memudahkan dalam membaca ERD yang dibuat.

Tiga komponen utama dalam ERD yaitu entitas, atribut dan relasi memiliki simbolnya masing-masing. Komponen entitas di simbolkan dengan sebuah persegi panjang, atribut disimbolkan dengan lingkaran eclipse sedangkan untuk relasi disimbolkan dengan tanda garis. Berikut gambar jelas untuk masing-masing entitas :





Setelah memahami tentang simbol untuk masing-masing komponen pembangun ERD ini. Muncul sebuah pertanyaan baru :
Bagaimana cara menggunakan ketiga komponen tersebut dalam implementasi ke bentuk ERD ?

Ambil contoh dari artikel sebelumnya yang sudah terdapat sebuah contoh terkait membuat sistem pembayaran.  


Terdapat tiga entitas yang ditentukan yaitu Pembayar, Penerima dan Tujuan. Mari kita buat dalam bentuk ERD. Dalam kasus ini, penulis menggunakan Microsoft Visio 2013

Buka aplikasi Visio tersebut, pilih menu Basic Diagram



Pertama, pada bagian kiri pilih bentu rectangle untuk menempatkan entitas.

Drag and Drop bentuk tersebut, geser ke arah tengah layar sehingga nampak kurang lebih :

Kemudian klik dua kali pada bentuk itu, isikan dengan teks entitas yang telah ditentukan.
Hasilnya :

Tambahkan satu lagi untuk entitas Penerima menjadi :



Catatan khusus yang perlu dipahami dalam sebuah Sistem Pembayaran antara entitas Pembayar dan Penerima pasti memiliki hubungan. Apa  hubungannya ? Jelas sekali yaitu TransaksiTransaksi inilah yang dinamakan dengan relasi antara entitas satu dan entitas yang lain. Dalam artikel sebelumnya selain ada entitas Pembayar dan Penerima, ada entitas lain yaitu Tujuan
Disini Tujuan dan Transaksi merupakan hal yang sama. Merupakan sesuatu yang menggambarkan hubungan antara Pembayar dan Penerima. Pada bagian ini kita telah menemukan relasi atau hubungan antar entitas, penghubung ini digambarkan dengan bentuk layang-layang.



Tambahkan bentuk layang-layang :
Masing-masing entitas, tambahkan atribut yang telah ditentukan sesuai dengan artikel sebelumnya, entitas Pembayar menjadi di kelilingi oleh atribut-atribut yang ditentukan.
Tambahkan simbol atribut, drag and drop sehingga menjadi :
Setelah tertata, tambahkan garis penghubung antara entitas dan atribut. Pada menu bagian atas, pilih menu Tools dan klik Connector.
Menjadi :
Lakukan terhadap atribut lain sehingga semua terhubung.

Untuk meluruskan garis penghubung antara entitas dan atribut, klik kanan pada garis ConnectorStraight Connector.

Setelah selesai menambahkan garis hubung antara entitas dan atribut, juga terhadap entitas lain. Hasil akhir ERD akan nampak seperti pada gambar dibawah.

Kalau dibaca secara ringkas, ERD diatas menceritakan Pembayar dengan karakteristik / identitas nama, alamat, umur dan jenis kelamin yang sudah diketahui melakukan sebuah Transaksi yang nantinya diserahkan kepada Penerima.

Pembayaran ini tentunya melewati sebuah proses. Proses yang dilewati ini dinamakan dengan Transaksi yang dilakukan pembayar nantinya menyimpan data siapa yang membayar ( pembayar ), tanggal pembayaran, membayar untuk apa ( tujuan pembayaran ) dan dibayarkan kepada siapa ( penerima pembayaran )

Kemudian untuk entitas Penerima, merupakan entitas yang menerima pembayaran dan memiliki identitas / karakteristik nama, jenis kelamin dan jabatan. 

Sederhana bukan!?
Di ERD ini masih perlu penyempurnaan, kita bahas di artikel yang akan datang. Thanks 😎


 
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama