Kebiasaan Buruk di Malam Hari Yang Bisa Bikin Buta

Disadari atau tidak, ada beberapa kebiasaan manusia yang ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Tidak hanya efek yang buruk, bahkan bisa juga fatal. Salah satunya yang akan kita bahas adalah kebutaan. Kebutaan yang akan dibahas ini adalah kebutaan sementara, sekitar 15 menit yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk  yang dilakukan secara terus menerus tiap malam.

Padahal secara medis, dokter sudah memperingatkan untuk tidak melakukan hal ini karena bisa berujung pada kebutaan. Salah satunya adalah chatting di malam haru dengan suasana gelap selama berjam-jam. Terutama jika kondisi seperti detasemen retina terjadi. Apa itu ? Ini adalah kondisi dimana retina terlepas dari bagian belakang mata. Chatting atau bermain ponsel (gatget)  terus menerus di malam hari dalam kondisi gelap dapat memicu kondisi tersebut. Tanpa perawatan  yang tepat, kondisi itu akan sangat memicu pada kebutaan.

Kita tahu bahwa retina sangat peka terhadap cahaya dan bertugas mengirim pesan ke otak melalui saraf optik. Jika anda tiba-tiba berkedip di garis pandang, maka ini adalah tanda umum untuk menunjukkan bahwa retina telah terlepas.

Untuk itu, bermain gatget di malam hari bukan hanya akan mengganggu tidur namun juga dapat menyebabkan kebutaan yang mengerikan. Sekarang lihat akibat sinar ponsel pada mata anda!
Berbaring miring ke satu sisi, melihat dan bermain ponsel dapat menyebabkan satu mata terfokus pada layar. Sedangkan mata yang lain terblokir sebagian atau seluruhnya. Ini akan mengakibatkan kerusakan mata yang tidak seimbang anata mata kanan dan mata kiri. Ini juga yang menjadi pemicu mengapa banyak orang mengalami mata minus kiri dan kanan yang berbeda.

Jangan pernah membanjiri ponselmu dengan corak atau wallpaper warna biru. Atau jangan sering berselancar dengan tampilan yang dominan warna biru. Menurut penelitian, cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel di malam hari, khususnya saat gelap akan lebih merusak mata ketimbang warna yang lainnya.

Tingkat keparahan kerusakan yang disebabkan oleh paparan warna biru sepanjang malam menjadi jelas dan terbukti. Karena orang-orang terpengaruh dengan tingkat kerusakan mata yang tinggi. Ini salah satu tanda penyebab utama kebutaan mendadak.

Fakta yang paling mengejutkan adalah pada poin ini. Ternyata warna biru (cahaya) dari ponsel tidak hanya merusak mata hingga menyebabkan kebutaan. Akan tetapi sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa ada korelasi atau hubungan yang jelas antara paparan cahaya biru dengan meningkatnya beberapa jenis kanker, diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Wow!!! Dalam beberapa kasus, mata berusia 35 tahun akan berubah redup dan sayu seperti mata pada usia 75 tahun. Ini semua akibat pancaran sinar biru yang terlalu sering kita lihat pada malam hari.

Alangkah lebih baiknya kita sebagai manusia yang masih memiliki mata sehat, memperlakukan mata kita dengan baik. Jangan sampai masih muda tetapi memiliki mata yang kurang sehat dan atau yang lebih parah yaitu kebutaan. 
- Safe our eyes guys -
Good Night


Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama