Android "O" Resmi Dirilis, 5 Fitur Keren Ini Yang Dibawa



Hasil gambar untuk Android O
Setelah dirilir dalam bentuk preview bulan lalu, Android O akhirnya resmi dirilis di ajang Google I/O 2017. Di ajang tahunan Google tersebut, VP Engineering Google Dave Burke sendirilah yang memperkenalkan sistem operasi penerus Android Nougat.
Dikutip dari The Verge, Burke mengungkapkan bahwa ada beberapa fitur baru yang akan dibawa oleh OS terbaru itu. Setidaknya ada 5 fitur yang akan dibawa oleh Android anyar ini. Fitur apa sajakah itu ? Mari terus simak keterangan dibawah!

#1. Fitur Picture-in-Picture
Menjawab kebutuhan pengguna yang makin doyan dengan melakukan kegiatan multitasking, Android O pun dihadirkan dengan fitur ini. Fitur ini akan memudahkan yang gemar melakukan beberapa kegiatan dalam smartphone, seperti kegiatan streaming di Youtube bebarengan dengan chatting di WhatsApp atau Line.
Cara kerja fitur ini pun digambarkan cukup mudah. Saat kita membuka Youtube misalnya dan menekan tombol "Home" maka video yang kita tonton secara otomatis akan menjadi sebuah pop-up. Kita bisa memindahkan pop-up tersebut kemapun kehendak kita di layar smartphone.

#2. Notifications Dots
Selanjutnya, Android O juga dikabarkan hadir dengan fitur Notification Dots. Fitur ini sekilas mirip dengan 3D Touch-nya iPhone sangat pas untuk kita yang tidak mau ribet dengan urusan notifikasi dari sebuah aplikasi.
Fitur yang merupakan tahap lanjutan dari mekanisme swipe down untuk melihat notifikasi pada aplikasi ini sangat mudah digunakan. Pengguna kabarnya cukup menekan lama ikon aplikasi yang diinginkan, kemudian notifikasi muncul semua. Termasuk notifikasi yang belum terbaca pun akan muncul. Hebat kan ?

#3. Smart Text Selection
Fitur ini merupakan pengembangan dari mekanisme Copy-Paste yang selama ini sudah digunakan oleh Android. Di versi lama android, kita perlu mengarahkan sendiri kata yang akan diseleksi untuk di copy-paste. Namun, dalam versi android O, kita hanya perlu menekan satu kali saja yang ingin di copy-paste maka kata tersebut akan terblok.
Mekanisme ini muncul karena akibat dari pengembangan teknologi Artificial Inteligence yang dibenamkan ke OS Android O.

#4. Auto-Fill
Kalau kita termasuk orang yang sering lupa dengan ussername dan password  maka kita harusnya lebih bangga dengan hadirnya Android O ini. Pasalnya, kini kita  tidak perlu repot-repot lagi  mengingat semua nick name dan sandi yang kita miliki di smartphone.
Fitur ini akan otomatis nick name dan password  sosial media secara otomatis sehingga proses log in tidak akan memakan waktu yang lama.

#5. Vitals
Fitur ini merupakan kumpulan fitur yang bisa dibilang cukup vital dalam OS terbaru ini, yakni soal performa. Dengan adanya fitur ini, OS ini akan jauh lebih hemat daya baterei. Konsumsi daya akan lebih ringan karena OS ini dirancang untuk seringan mungkin untuk smartphone.
Selain itu, Android O juga akan dibekali dengan Google Play Protect yang merupakan machine learning untuk memindai aplikasi di tiap harinya. Mekanisme ini akan sangat berguna terlebih jika ada aplikasi yang terbukti berbahaya, secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung dicoret dari toko aplikasi Google Play.

Itulah guys, fitur-fitur keren yang dimiliki oleh OS Android O (Oreo). Sayangnya, Google belum mengumumkan secara resmi kapan OS ini secara resmi akan diluncurkan ke pasaran. Namun, seperti kebiasaan Google dalam peluncuran OS sebelumnya, sepertinya mereka akan mengumumkan OS ini pada ajang Mobile World Congres pada awal 2018.
Bagaimana serukan ? Tidak sabarkah untuk membelinya ? Hehehe....
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama