5 Tanda Kecerdasan

Pura-pura bodoh sepertinya orang bisa melakukannya tapi berbeda dengan pura-pura cerdas. Dan kecerdasan tidak hanya IQ tinggi atau keterampilan berbahasa. Meski keduanya merupakan fakta intelegensi yang tidak terbantahkan tetapi ada hal lain yang juga merupakan tanda kecerdasan yang tidak mungkin direkayasa. Dikutip dari DailyMail, MyDomain menyebut setidaknya ada lima tanda kecerdasan yang sulit untuk direkayasa. Apa saja ? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Melihat sudut kesalahan dari sudut pembelajaran
Studi psikologis membuktikan orang-orang cerdas tidak hanya mampu mengidentifikasi kesalahan dan menerima kekeliruan tapi yang paling krusial tidak lagi mengulanginya. Mereka tidak melihat kesalahan sebagai kemunduran, melainkan bagian dari kurva pembelajaran dan jalan untuk semakin mengembangkan diri.


  • Read for Fun
Tidak sedikit orang yang rela menghabiskan waktu membaca untuk mendapatkan pengetahuan dan menggali lebih dalam sebuah topik. It's a good thing tetapi orang-orang cerdas tidak menjadikan aktivitas membaca sebagai sesuatu yang fungsional. Mereka menikmati bacaan pilihannya. Riset menunjukkan orang-orang yang membaca dengan dorongan read for fun memliki fokus dan fungsi memori yang lebih baik. Begitu pula kemampuan komunikasinya.


  • Bisa menjelaskan masalah dari berbagai pandangan perspektif
Kemampuan menjelaskan persoalan atau beragumentasi merupakan tanda kecakapan intelegensia. Tetapi bukan hanya itu, orang-orang cerdas melakukannya dengan cara yang efektif. Travis Bradberry, penulis buku Emotional Intelligence 2.0 mengatakan bahwa efektivitas ini ditandai akurasi yang meyakinkan dari angle manapun. Karena itu mereka bisa melakukannya dengan siapa saja. Kemampuan melihat persoalan dari perspektif orang lain, itulah kecerdasan yang sesungguhnya.


  • Berpikir sebelum berbicara
Mereka yang benar-benar cerdas memiliki keinginan untuk menyampaikan pemikiran yang jernih lebih dari sekadar berkomentar. Mereka akan memilih jawaban yang komprehensif dan jika untuk itu mereka harus "mencerna"-nya terlebih dahulu dan menahan diri untuk tidak langsung memberi tanggapan, mereka tidak keberatan.


  • Tidak peduli dengan kata orang
Orang yang benar-benar cerdas memiliki sistem keyakinan yang tidak membuat mereka goyah begitu saja saat mereka membuat keputusan. Mereka tidak terintimidasi oleh komentar orang lain dan menjalankan pilihan tanpa memusingkan penilaian pihak luar.


Well, how do you feel now... ? Been an intelect or ... ? hehehe
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama