10 Pasukan Terbaik Sepanjang Sejarah

Pada sejarah manusia, ada masa dimana manusia berada di zona peperangan terus menerus (seperti di tanah Palestina dan Suriah hari ini). Di antara banyaknya perang ini, ada berbagai prajurit atau pasukan yang mematikan serta disegani oleh musuh-musuhnya. Berikut adalah 10 pasukan terbaik yang telah dirangkum, pasukan-pasukan ini merupakan pasukan yang pernah ada (bukan pasukan modern) :

#10. Pasukan Mamluks
Mamluk sebenarnya adalah sebutan untuk seorang budak yang telah dibeli. Budak-budak yang telah dibeli ini diarahkan untuk menganut agama Islam dan dilatih untuk menjadi seorang Kavaleri (pasukan berkuda) yang menguasai taktiknya, kemampuan memanah, merawat luka dan masih banyak lagi.
Nama pasukan ini menjadi sangat dikenal dalam Perang Yerussalem. Di akhir abad pertengahan, pasukan inilah yang berhasil menguasai Yerussalem. Pasukan ini pula yang mengakhiri era Pasukan Salib di Yerussalem serta pernah mengusir Pasukan Mongol. Mamluk menguasai Mesir selama kurang lebih 250 tahun.

#9. Pasukan Mongol
Gengis Khan adalah pendiri sekaligus kaisar dari Kerajaan Mongol dan merupakan salah satu pemimpin militer terbaik. Parujurit yang dipimpinnya merupakan pasukan dari daerah Mongolia sekarang. Bersamaan dengan Gengis Khan sendiri, pasukan ini sangat ditakuti karena terkenal sangat bengis, kejam dan tidak memiliki rasa ampun.
Pasukan ini terkenal dengan kemampuannya mengendarai kuda, mereka disiplin dan diharuskan untuk dapat menguasai keahlian panah selagi menaiki kuda. Panah yang mereka gunakan juga bukan panah biasa, busur mereka merupakan busur buatan yang dapat menembus baju baja musuhnya. Di bawah kepemimpinan Gengis Khan, Mongol berhasil membuat imperium terbesar yang pernah dilihat di dunia.

#8. Aztec Warrior
Pada saat pasukan ini berperang, ada dua hal yang menjadi tujuan utama mereka. Yang pertama adalah mendapatkan mendapatkan tanah tujuannya dan yang kedua adalah untuk mendapatkan korban untuk ritual pengorbanan mereka. Perang telah menjadi makanan sehari-hari mereka dimana jika ada seorang pemimpin baru dipilih, ia diharapkan untuk melakukan peperangan secepatnya untuk menunjukkan kemampuan dan kepemimpinannya.
Kejam dalam peperangan dan terkenal sebagai prajurit dengan pakaian dari elang dan jaguar, menggunakan senjata primitif seperti panah dan gada, tapi digunakan dalam cara yang sangat efektif. Jika pasukan musuh datang ke tempat mereka, mereka bersumpah bahwa musuh itu tidak dapat mengambil langkah kembali pulang / pergi dari wilayah Aztec. Mereka akhirnya dikalahkan oleh orang Spanyol yang memiliki senjata lebih modern.

#7. Apache
Pasukan ninja mungkin memang hanya ada dan terkenal di Asia, tetapi di Amerika ada pasukan yang bergerak dan berperang dalam cara yang serupa, itulah pasukan Apache. Mereka akan secara tiba-tiba menggorok dan memotong leher musuhnya dari belakang tanpa diketahui oleh musuhnya.
Mereka sangat ahli dengan senjata mereka yaitu Tomahawk atau Kampak Indian. Walaupun senjata mereka sebuah kampak, mereka dapat bertarung dengan jarak jauh dengan melemparkan kampaknya.

#6. The Immortals (Persian)
Pasukan ini merupakan satu kesatuan yang terbentuk dari 10.000 orang terpilih dan selalu dijaga jumlahnya agar selalu sepuluh ribu. Pasukan ini ahli dalam panah dan pedang tetapi yang mengerikan mereka selalu berjumlah 10.000. Pasukan ini hilang dengan sendirinya seiring dengan perkembangan zaman.

#5. Samurai
Mereka adalah ksatria dari Jepang dan menguasari seni pedang katana. Mereka pasukan dengan perlengkapan yang lengkap dan siap mati jika itu untuk pemimpinnya. Selain menguasai pedang katana mereka juga menguasi panah. Mereka adalah pasukan yang melambangkan kekuatan Jepang yang apabila mereka harus mati maka mereka melakukannya dengan menjaga harga diri mereka.

#4. Viking
Merupakan pasukan dan prajurit biadab di Eropa. Mereka meneror dan melakukan perampokan dengan cara yang liar dan kejam dalam aksinya. Kepercayaan mereka adalah mengenai peperangan dimana mereka menganut Dewa Odin.

#3. Spartan
Sama seperti Viking, kebiasaan mereka adalah berperang dan melatih semua anak laki-laki untuk siap dalam peperangan sepanjang hidup mereka. Mereka adalah pasukan yang sangat terkenal dengan kombinasi perisai dan tombaknya yang pada akhirnya diikuti oleh pasukan-pasukan kuno lainnya.

#2. Knight Templar
Pasukan ini merupakan pasukan dengan perlengkapan berat dan mengendarai kuda yang dilengkapi dengan perlengkapan kuda yang dilindungi oleh besi. Tidak seperti pasukan lainna, pasukan ini mengenakan pakaian pelindung yang benar-benar melindungi tubuh mereka secara keseluruhan.
Mereka dapat diibaratkan sebagai tank di sejarah kuno.

#1. Janissary (Pasukan Islam Turki Utsmany)
Pasukan ini merupakan prajurit yang paling terkenal kehebatannya dan ditakuti oleh Eropa selama berabad-abad lamanya. Dari awal dibentuknya hingga hilangnya pasukan ini pada tahun 1826 M. Mereka memiliki gambaran pasukan yang tangguh, disiplin, dan tidak mengenal kata mundur.

Itulah bro, beberapa pasukan yang kuat dalam sejarah umat manusia. Diantara beberapa pasukan itu ada pasukan yang sangat kuat dan ditakuti selama 5 abad lebih yaitu Pasukan dari Daulah Islamiyah Turki Utsmany tepatnya pasukan Jenissary. Pasukan ini pasukan yang disiplin dan sangat bermoral dalam perangnya, sehingga mereka sangat terkenal hingga seantero Eropa, Asia dan Afrika.
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama