10 Langkah Mengatur Penghasilan Agar Lebih Sukses

Bagi sebagian orang yang hidup di dunia ini mungkin menganggap jika uang bukanlah segalanya namun tidak bisa dipungkiri memiliki uang dalam jumlah yang banyak akan membuat hidup kita lebih mudah. Seorang pengusaha yang mempunyai penghasilan ratusan juta rupiah setiap harinya tentu hidupnya akan lebih mudah ketimbang orang yang berpenghasilan hanya jutaan rupiah saja. Walaupun uang tidak menjadi standar kebahagiaan, namun pasti juga setiap orang memiliki keinginan begaimana caranya agar bisa berpenghasilan ratusan juta rupiah.
Kita tidak perlu bekerja keras setiap hari 24 jam penuh jika memang memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah karena berikut ini ada beberapa langkah untuk mengatur penghasilan :

#1. Dapatkan Ide dan Mulai Beraksi
Kadangkala kita memiliki sebuah ide untuk melakukan sesuatu yang besar, namun ide tersebut tidak pernah kita lakukan. Kita tidak mampu memperlebar peluang kita untuk menjadi jutawan tanpa mengeksekusi sebuah ide menjadi aksi yang nyata. Seorang penguasa yang sukses kebanyakan mengatakan bila ide adalah sebuah hal yang paling berharga dalam dunia bisnis.
Misalkan kita memiliki sebuah ide untuk membuka sebuah usaha online karena memiliki pasar yang besar namun hal tersebut tidak segera kita realisasikan. Hal yang wajib kita hindari karena bagaimanapunsebuah usaha yang sukses juga berawal ide. Ingatlah kata pepatah "Satu langkah lebih berharga dari satu juta pemikiran".

#2. Tentukan Prioritas
Ketika kita ingin menjadi seorang jutawan, membuat skala prioritas akan menjadi awal yang baik. Skala prioritas sangat mungkin untuk membantu kita melihat mana kebutuhan yang harus didahulukan, karena ketika kita ingin menjadi jutawan tentu karena didasari ingin membeli sesuatu hal yang belum bisa kita dapatkan dan tidak jarang ketika dalam usaha untuk mencapai impian kita tersebut, kita melupakan kebutuhan penting.

#3. Analisis Keuntungan dan Kerugian
Melakukan poin yang ke-3 ini berfungsi untuk menganalisa segala kerugian dan keuntungan yang kita dapatkan selama ini. Sebelum kita melakukan usaha-usaha untuk menjadi jutawan akan sangat penting apabila kita melakukan hal ini, karena kita nantinya bisa meminimalisir kerugian yang terjadi.
Setelah mengakui kerugian yang akan diderita makan langkah selanjutnya kita bisa memulai menghindari kerugian tersebut. Meminimalisir kerugian bisa membuat kita lebih cepat melakukan investasi.

#4. Investasi
Ingin menjadi seorang jutawan dengan cara menabung? Apabila pikiran kita seperti ini maka anggapan ini tidaklah begitu benar di pikiran para pengusaha sukses. Menabung memang sah-sah saja dilakukan dan bukan merupakan sebuah hal negatif namun apabila kita hanya menabung saja maka impian kita untuk menjadi seorang jutawan harus perlahan kita kubur.
Coba saja perhatikan para jutawan yang sering muncul di layar kaca rumah kita, mereka bisa seperti itu bukan hanya sekedar menabung namun sebaliknya mereka melakukan investasi. Menabung sebaiknya dilakukan dengan tujuan  untuk mengumpulkan dana dan memulai investasi, kita bisa memilih jenis investasi sesuai dengan pilihan investasi properti atau juga saham.

#5. Sabar dan Optimis
Tidak ada kesuksesan yang datang dalam waktu semalam saja. Pada saat kita akan melakukan usaha, tentunya kita ingin mendapatkan uang jutaan rupiah dengan cepat. Namun sebaiknya, kita hindari sikap ini karena nantinya akan membuat kita menjadi stress dan tidak fokus.
Selain bersikap sabar, kita juga perlu menanamkan sikap optimis jika kita akan berhasil. Tanamkan dalam diri kita, jika kerja keras yang telah anda lakukan akan terbayar jika tiba waktunya. Ingat selalu kerja keras tidak akan pernah menghianati kita, oleh karena itu bersikaplah optimis selalu.

#6. Jangan Mudah Tertipu
Saat ini di dunia maya (internet) sering sekali terjadi tindak penipuan yang bisa membuat kita merugi. Coba saja kita mencari menjadi jutawan di internet maka yang akan muncul adalah tawaran untuk membeli mesin uang atau tawaran pekerjaan yang hanya perlu online di media sosial selama beberapa menit dengan upah mencapai ratusan ribu per hari.
Apabila ketika melihat hal-hal konyol tersebut kita tertarik berarti kita harus mulai menghentikan hal tersebut saat ini juga. Sebab hal tersebut merupakan sebuah tindak penipuan yang memang harus dihindari, logikanya jika memang ada cara yang mudah seperti itu mengapa masih banyak orang di dunia ini harus bersusah payah bekerja 5 hari dalam satu minggu atau 7 hari penuh dalam satu minggu ?

#7. Tambah Ilmu Pengetahuan
Saat kita sudah mulai terjun ke sebuah dunia bisnis akan menjadi hal yang sangat krusial apabila kita bersedia untuk selalu menambah ilmu pengetahuan. Ingat kita juga memiliki saingan sehingga untuk mengalahkan mereka yang bisa saja lebih berpengalaman adalah dengan menambah pengetahuan mengenai bisnis yang sedang kita geluti.

#8. Biasakan Memulai Hari Dengan Pikiran Positif
Biasanya ketika kita akan menjalankan sebuah usaha akan muncul kemungkinan bahwa motivasi kita akan menurun. Untuk menghindari hal ini, kita perlu untuk berpikir positif sejak kita beranjak dari tempat tidur dan selalu ingat tujuan besar yang kita miliki.

#9. Jangan Jadikan Tujuan Sebagai Beban
Menjadikan tujuan sebagai beban juga bisa menjadi faktor penghambat yang harus kita hilangkan. Apabila kita menjadikan tujuan sebagai beban maka besar kemungkinan kita akan menjadi malas ketika akan melakukan rutinitas di pagi hari. Kita memang harus bekerja keras namun jangan memikirkan tujuan yang harus kita capai setiap waktu, biarkan saja mengalir dengan sendirinya selagi tetap bekerja keras.

#10. Fokus Pada Tujuan
Jangan sampai kita kehilangan fokus ketika sedang berusaha karena hal tersebut bisa saja akan membuyarkan semua mimpi dan tujuan yang kita capai. Tentukan satu tujuan dan usahakan perhatian kita tidak terbagi dalam hal yang lain

Beraksilah Sekarang! Now go...
Bermimpi menjadi seorang jutawan akan tetap menjadi mimpi jita kita tidak pernah memulainya dari sekarang. Mulailah menerapkan  langkah-langkah di atas sekarang, dan wujudkanlah sebuah mimpi indah menjadi kenyataan....
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama