Beberapa Hal Yang Tidak Akan Dikatakan Orang Cerdas di Tempat Kerja

Tempat kerja itu berbeda dengan dunia sekolah dan dunia kuliah. Di tempat kerja, kita akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap reputasi kita sendiri. Untuk bisa sukses di tempat kerja, kita nggak hanya harus berkinerja maksimal, tapi juga harus menjalin hubungan dekat dengan banyak rekan kerjamu, termasuk atasan. Melakukan beberapa hal yang yang salah menyebabkan suatu problematika yang serius. Ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan di tempat kerja yang akan di ulas pada artikel dibawah :

  • Sisi Dukungan Politik
Di mana kita berdiri dalam dunia politik itu menggambarkan identitas kita sendiri. Tidak semua orang boleh tahu tentang hal ini dan sebaiknya kita menjaga rahasia itu dan jika terpaksa harus cerita makan jangan ceritakan kepada sembarangan teman. Pahami bahwa ada beberapa orang yang akan sangat tegas langsung menunjukkan sikap anti terhadap sikap politik yang kita ambil. Kita tidak bisa mengubah orang lain. Lebih baik diam jika kita ingin tetap menjalin hubungan baik dengan semua pihak di tempat kerja.

  • Berpikir Bahwa Kita Inkompeten
Di manapun kita bekerja akan ada selalu orang yang inkompeten. Selama kita tidak memiliki kekuatan untuk membangun orang tersebut menjadi lebih baik dalam hal yang ia tidak inkompeten, atau kita tidak memiliki kekuatan untuk memecatnya, kamu jangan menyebarkan ke-inkompeten-nya. Itu akan menjatuhkan dirimu sendiri dalam menilai orang lain.

  • Jumlah Uang Yang Di Hasilkan
Orang tua kita sudah pasti akan sangat gembira mendengar berapa jumlah gaji yang kita dapatkan di perusahaan, tetapi tidak dengan rekan kerja kita di tempat tersebut. Mengungkap berapa gajimu pada rekan kerjamu hanya akan melahirkan pikiran negatif. Kita akan menjadi kurang dihargai dan semenjak itu segala yang kita lakukan akan dibandingkan dengan gaji yang kita dapat.

  • Tidak Mengatakan Bahwa Kita Membenci Pekerjaan Itu
Hal paling tidak ingin didengar di lingkungan kerja adalah seberapa kita membenci pekerjaan di perusahaan tempat kita bekerja. Melakukan hal ini hanya akan membunuh kepribadianmu di antara rekan kerja yang lain. Kita akan langsung dinilai bukan tim-player karena hanya akan menyebarkan kenegatifan. Atasanmu juga akan dengan mudah menangkap hal ini dan bisa dengan cepat mempersiapkan penggantimu yang benar-benar ingin berada di posisimu.

  • Perbuatan di Ran*ang
Baik pengalaman s*ks sangat luar biasa atau kurang greget atau yang lainnya, apapun itu tidak ada tempat untuk membicarakan hal tersebut di tempat kerja. Membicarakan hal ini hanya akan membuat kondisi tidak nyaman dan kadang menyinggung perasaan banyak orang. Jangan lakukan hal itu karena akan membuat reputasimu terjatuh dan terperosok jauh.

  • Menduga Orientasi S*ks Rekan Kerja
Kepo sedikit, it's no problem. Tetapi kepo tentang bagaimana aktifitas se*sual rekan kerja dengan membicarakannya dengan rekan kerja yang lain itu bisa dibilang tidak bermoral. Mengungkapkan bahwa kita tertarik membicarakan kehidupan s*ksual orang lain dan menebak orientasi mereka akan membuat risih beberapa orang. Kita berhak menduga-duga perihal hal tersebut tapi simpan itu untuk diri kita sendiri.

  • Tentang Kehidupan Masa Lalu Kita Yang Liar dan Nakal
Masa lalu kita bisa berbicara banyak tentang kita. Tidak peduli apakah perilaku kita sangatlah brutal atau kelewat batas atau baik. Kita tidak diperkenankan untuk mengatakan itu pada sembarang orang karena kan berakibat fatal. Karena tidak semua orang akan percaya dengan perubahanmu dari masa lalu yang "gelap" itu. Ini akan sangat berdampak untuk karirmu apalagi dalam pertimbangan jika kita akan diberikan posisi atau tanggung jawab yang lebih besar. Simpan masa lalu untuk diri kita sendiri atau sahabat-sahabat lamamu yang sangat dekat dengan kita saja.

  • Bahwa Kita Sedang Mencari Loker Lain
Jangan pernah menyampaikan pada rekan kerja kita bahwa kita sedang mencari lowongan pekerjaan. Begitu kita mengatakannya kita akan langsung kehilangan respek. Berurusan dengan kita akan dianggap buang-buang waktu saja, toh kita akan segera pindah ke tempat lain. Jadi kita hanya akan diberikan kerja remeh dan tidak dipertimbangkan lagi. Ada kemungkinan pencarian kerja kita juga tidak berhasil,  jadi sebelum kita benar-benar mendapatkan pekerjaan baru yang cocok, jangan sampaikan hal ini pada siapapun.

So, pikirlah matang-matang dahulu sebelum mmenyampaikan salah satu dari hal-hal diatas di tempat kerja. Ada kemungkinan kita akan menemukan sahabat dekat di tempat kerja, tapi kita juga harus mempertimbangkan dengan benar. Jangan sampai ucapan kita sendiri merugikan diri kita sendiri. Dalam kondisi di atas, itulah berlaku ungkapan "Diam Itu Emas". :

Mungkin itu dulu untuk malam ini, semoga bermanfaat jangan lupa share ke teman lain. OK.....

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama