Mengenal Figma

Sekapur Sirih
 Figma merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan desain sebuah produk. Perangkat lunak ini populer di kalangan para pengembang, utamanya di kalangan software house. 

Perangkat lunak ini mulai dikerjakan pada tahun 2012 - mengutip dari Wikipedia. Dengan berbagai fitur seperti kolaboratif app, real-time, editor grafik dan prototyping.

Figma juga membuat pengembang lebih mudah dalam hal desain, hal ini menjadikan hampir semua industri menggunakan aplikasi ini dalam pekerjaan. Seperti dalam hal penyesuaian UI perangkat, Figma sudah memiliki beberapa opsi Frame ( UI ) antara lain :
  1.  Phone
  2. Tablet
  3. Desktop
  4. Presentation
  5. Watch
Dan masih ada yang lain.
Kemudian, dari pilihan tersebut Figma masih menyediakan untuk penentuan layarnya dengan ukuran berapa. Misal untuk Frame Phone, Figma menyediakan pilihan mulai dari iPhone 14 & 15 Pro Max ( 430 x 932 ) sampai yang paling kecil iPhone SE ( 320 x 568 ). Dan bukan hanya sekedar UI untuk model Apple, Figma juga menyertakan untuk UI Android.

Frame ini dapat di akses dengan menekan tombol :

Beberapa fitur lain yang di sediakan oleh Figma antara lain :
  • Move
  • Rectangle
  • Pen
  • Text
  • Comment
  • Actions
Untuk saat ini ( September 2024 ), fitur-fitur ini berada di bagian bawah dan diatur sejajar.

Halaman Kerja
#1 Halaman Kerja iPhone 14 & 15 Pro Max ( 430 x 932 )


#2 Halaman Kerja Desktop


UI yang di desain dengan Figma, bisa menyesuaikan dengan berbagai perangkat yang muncul di kalangan pengguna. Ini sangat membantu para desainer.

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama