Pemrograman Desktop, Apa maksudnya ?

Pernah mendengar tentang kalimat ini !?

Pemrograman desktop dalam arti luas sebenarnya juga merupakan pemrograman pada umumnya, yaitu proses membuat sebuah program. Bahasa yang digunakan juga hampir sama, prosesnya juga sama saja.

Lalu apa perbedaannya!?
Pemrograman desktop merupakan pemrograman atau proses membuat program yang nantinya akan berjalan di lingkungan komputer / laptop. Untuk saat ini mendefinisikan pemrograman desktop sudah agak lumayan kabur.

Era dulu, pemrograman desktop ya artinya hasil dari coding ini cuma berjalan di komputer. Kini dengan segala kecanggihan teknologi 4.0, jenis pemrograman sudah memiliki definisi yang tidak menentu. Baik program yang diperuntukkan untuk mobile ( iPhone / Android ) bisa juga di jalankan dalam sistem keluarga PC ( laptop / komputer rumah ).

Dalam pembuatan program desktop ini ada beberapa bahasa yang mungkin saat ini sudah dikatakan usang, antara lain :
  1. Delphi
  2. Fortran
  3. Cobol
  4. Basic
  5. C++
Untuk saat ini, bahasa yang masih sering diajarkan yaitu C++.
Bahasa ini digunakan untuk mengasah dan melatih algoritma programmer permula di lingkungan peserta didik SMK bidang TJKT dan RPL ( PPLG ). Bahasa ini memiliki struktur yang bisa dikatakan mudah untuk dipelajari pemula.
Lebih jelasnya untuk latihan C++ baca artikelnya disini

Kemudian, apa saja hasil pemrograman desktop ? 

Mau tau ?😁 

Banyak ya tentunya, para pemrogram desktop menghasilkan aplikasi-aplikasi :

  1. Microsoft Office
  2. Browser 
  3. Adobe Premiere Pro
  4. STDU Viewer
Dan semua aplikasi yang berjalan di laptop / komputer kita gaes 😁

Itu semua dibuat menggunakan bahasa-bahasa seperti Java, C++, Visual Basic, C# dan lain-lain. Selain untuk membuat aplikasi desktop, bahasa-bahasa tersebut kini juga sudah berevolusi dengan zaman yang mobile. Bahasa yang dulu hanya eksklusif untuk membuat aplikasi di laptop / komputer kini telah bisa menghasilkan program yang berjalan di sistem non-PC. 

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama