Membuat Program Sederhana Dengan C++

Pada bagian ini kita akan mempelajari tentang First Program atau yang lebih populer dengan program pertama dalam C++. Mempelajari pemrograman C++ itu sangat penting untuk mengasah kemampuan logika pemrograman (logical programming). Hal ini dikarenakan C++ maupun C merupakan basic yang bisa menunjang kemampuan bermain pemrograman di level berikutnya.
Seperti dalam pemrograman PHP, Java maupun dalam pemrograman Visual Basic yang sudah berbasis visual tidak tersetruktur dan kebanyakan mengetik kode program seperti yang ada pada pemrograman C++.
Berikut adalah contoh pertama dalam pemrograman C++ ini, silakan diketik di compiler yang ada di komputer kalian :

#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
    cout<<"Hello World! This is our first program... \n ";
    system("pause");
    return 0;
} 

Dalam tampilan di compiler akan terlihat seperti berikut ini :
Nah, setelah di compile and run (F9) maka akan menampilkan hasil seperti berikut dibawah ini, perhatikan script dan pahami sebelum meng-compilenya :

Paham ? Jika belum faham, ikuti uraian source code diatas berikut ini untuk lebih paham.  Bagi kalian yang masih benar-benar baru dalam dunia programming pasti bingung dan tidak yakin dengan yang kalian tulis di compiler.
Source code diatas akan menampilkan sebuah teks "Hello World! This is our first hacker program..." pada monitor. Perintah untuk menampilkan teks tersebut sebenarnya hanya ada pada baris 'cout<<"";'. Lalu apa gunanya baris-baris yang lain ? Mari kita analisa satu per satu...

#include<iostream> merupakan preprocessor yang memberitahukan kepada compiler bahwa script kode (source code) yang kita buat akan menyertakan library header iostream.

using namespace std; baris ini memberitahukan kepada compiler bahwa program yang dibuat ditulis menggunakan Standar C++ Library. Jika baris ini tidak ditulis, maka akan muncul error pada saat meng-compile script.

int main() merupakan fungsi main(). Fungsi main() merupakan satu-satunya fungsi yang akan dieksekusi oleh program. Itu berarti, untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi lain selain fungsi main(), fungsi tersebut harus dipanggil melalui fungsi main().

Selanjutnya, dapat dilihat bahwa baris setelah fungsi main terdapat tanda '{' (kurung kurawal) yang diikuti oleh 3 baris perintah dan kemudian ditutup kembali menggunakan '}'. Perlu diperhatikan bahwa isi suatu fungsi terdapat diantara tanda { dan } atau disebut juga sebagai blok kode (code block). Isi suatu fungsi bisa merupakan deklarasi, variabel, pernyataan assigment atau perintah-perintah. Intinya adalah, ketika suatu fungsi dipanggil maka seluruh kode-kode yang ada pada fungsi tersebut akan dieksekusi / dijalankan.

    cout<<"Hello World! This is our first hacker program... \n ";
    system("pause");
    return 0;

Ketiga baris diatas merupakan kode-kode atau perintah yang dieksekusi oleh compiler atau perintah yang berada di dalam blok kode (code block). Baris pertama merupakan perintah 'cout<<"";' yang akan menampilkan sebuah pernyataan diantara tanda petik, dalam hal ini teks yang ditampilkan adalah  "Hello World! This is our first hacker program...". 

Karakter '\n' kenapa tidak tampil dilayar ? Ini terjadi karena karakter itu merupakan karakter khusus newline (baris baru) agar jika ada teks yang letaknnya berada di sebelah karakter '\n' akan berada di baris berikutnya.

Kemudian 2 (dua) perintah berikutnya memberikan instruksi kepada program untuk menghentikan proses eksekusi sampai user (pengguna) menekan sembarang tombol. Selain itu, baris ini juga akan menampilkan teks :

"Press any key to continue..." 

Cukup sekian kawan tutorialnya, pelajari lagi dan baca lagi dari awal agar dapat paham. Ada pertanyaan atau saran silahkan komentar di kolom yang telah disediakan...
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama