Memahami Perintah Order By, Like, In, Between Dalam MySQL

Memahami suatu bidang ilmu memang tidak sebentar. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memahaminya, apalagi untuk memahami suatu pemrograman yang notabene tidak menggunakan Bahasa Indonesia, bahasa yang kita pakai secara nasional. Tidak terkecuali belajar tentang MySQL yang sewaktu-waktu mengalami perubahan sintaks / penambahan sintaks untuk mengakomodir kebutuhan zaman.

Nah, kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang penggunaan perintah lanjutang dalam MySQL (Order By, Like, In and Between) untuk memaksimalkan dalam pengorganisasian suatu data. Tanpa banyak kata lagi, mari ikuti terus penjelasannya ya
  • Order By
Order By (Urutkan dengan) merupakan suatu perintah yang digunakan untuk mengurutkan suatu data yang akan ditampilkan menurut kolom dan data yang ada di dalam kolom tersebut dengan cara ascending atau dengan cara descending.
Ascending merupakan pengurutan data yang dilakukan dengan cara disortir dan diurutkan ulang dengan urutan abjad A - Z dan apabila data diawali dengan angka maka diurutkan dari 0 - 9. Sedangkan descending merupakan pengurutan data yang dilakukan dengan cara disortir dan diurutkan ulang dengan urutan abjad Z - A dan apabila data diawali dengan angka maka diurutkan dari 9 - 0.  

Contoh penggunaaan perintah 'order by' :
- Masuk ke database server mysql
- Dalam kasus ini kita akan menggunakan database dan tabel yang kita buat sebelumnya, yaitu menggunakan aqiemgroupdb untuk databasenya dan aqiemgrouptb untuk tabelnya. Langsung kita pilih untuk digunakan dan tampilkan datanya sekalian dalam tabel aqiemgrouptb.
- Sekarang kita langsung gunakan perintah  'select * from aqiemgrouptb order by kelas asc;' dan cek hasilnya, akan tampil seperti berikut ini :
Terlihat, data kolom kelas yang awalnya D7, D5, D1 berubah menjadi D1, D5, D7 dan jika kita menggunakan perintah 'select * from aqiemgrouptb order by kelas dsc;' maka data yang tampil akan berubah menjadi D7, D5, D1. 

Silakan dicoba di komputer kalian sendiri biar mahir tentang 'order by'.
  • Like
Perintah 'like' umumnya digunakan untuk mencari suatu data yang mirip atau sama dengan sesuatu yang diinginkan dalam query. Berikut sintaks dasar perintah 'like' :

"SELECT * FROM nama_tabel 
WHERE nama_kolom LIKE pattern [ESCAPE escape_character]"

pattern adalah sebuah ekspresi karakter yang sesuai dengan yang diinginkan. Pattern ini harus ada dalam setiap perintah yang menggunakan 'like'.
escape merupakan escape karakter dan bersifat opsional (boleh tidak atau boleh digunakan).
Pattern (pola) memiliki 2 wajah dalam penggunaannya, yaitu menggunakan persen (%) atau dengan garis bawah / underscore ( _ ). 
Berikut contoh penggunaan 'like' :
#1 Select * From aqiemgrouptb Where kelas like '%1';

Pada 'query' diatas, memberi perintah untuk menampilkan data yang memiliki akhir kata angka 1. Maka semua data yang ada akan ditampilkan dan 'result' yang dihasilkan memunculkan satu data karena hanya ada satu data yang memiliki akhiran kata 1.

 #2 Select * From aqiemgrouptb Where kelas like 'D%';

Pada 'query' diatas, memberi perintah untuk menampilkan data yang memiliki akhir kata awalan huruf D. Maka semua data yang ada akan ditampilkan dan 'result' yang dihasilkan memunculkan tiga data karena hanya ada tiga data yang memiliki akhiran awalan huruf D.

 #3 Select * From aqiemgrouptb Where  kelas like 'D_A%';


Pada 'query' diatas, memberi perintah untuk menampilkan data yang memiliki awalan huruf D dan akhir kata huruf A. Maka semua data yang ada akan ditampilkan dan 'result' yang dihasilkan adalah 'empty set' karena tidak ada data yang memiliki awalan D dan akhiran awalan huruf A.

NB :
Ada juga operator NOT LIKE yang digunakan untuk menampilkan data yang memiliki arti TIDAK SAMA. Penggunaannya hanya dengan menambahkan kata 'not' sebelum kata 'like' ditulis.
  • In
Digunakan untuk pencarian data menggunakan lebih dari satu filter pada perintah Where. Syntax dasar :  
"SELECT column_name(s) FROM table_name WHERE column_name IN (value1,value2, . . .) "

Contoh: 
SELECT * FROM aqiemgrouptb WHERE kota IN (‘Tangerang’,’Depok’);

  • Between
Digunakan untuk menentukan jangkauan pencarian. Syntax dasar:
"SELECT column_name(s) FROM table_name WHERE column_name BETWEEN value1 AND value2"
Contoh :


SELECT * FROM aqiemgrouptb
WHERE id
BETWEEN 7 and 20;
 

Keterangan :
Contoh di atas digunakan untuk mencari data yang memiliki nomor id antara 7 dan 20.


Nah, itulah contoh dan penjelasan dari MySQL lanjutan (Order By, Like, In and Between) guys, semoga bermanfaat....
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama