Penghasilan $ USA Dengan Google Adsense, Mau ?

Sekarang ini banyak sekali cara untuk berbisnis secara online, bahkan ada bisnis yang nyaris tidak membutuhkan modal sama sekali. Salah satu metode make money online yang saat ini sangat populer adalah  dengan menggunakan Google Adsense. 
Google Adsense ? What's that ? Google Adsense atau yang sering disebut sebagai GA merupakan jaringan periklanan yang dimiliki oleh perusahaan raksana Google (sekarang berubah nama menjadi Alphabet). Untuk bisa bergabung menjadi publisher GA, kita harus memiliki blog/website atau video di Youtube. Setelah itu kita mendaftarkan website/blog milik kita ke Google Adsense, dan apabila disetujui maka kita bisa menerapkan iklan Google di website/blog milik kita.
Bagi rekan-rekan yang masih merasa bingung dengan model penghasilan Google Adsense, mungkin akan bertanya-tanya, uangnya dari mana dan yang membayar siapa ? Menghasilkan uang dari internet tidaklah semudah yang kebanyakan orang bayangkan. Sama dengan bisnis di dunia nyata, butuh kerja keras dan usaha yang maksimal serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Walaupun sebenarnya menghasilkan uang dari Google Adsense terlihat sangat mudah, para pemula harus tahu bahwa dibutuhkan ketekunan untuk belajar dan prakter secara terus-menerus agar bisa menghasilkan money dari Alphabet (Google).
Besarnya pendapatan publiser (pemasang iklan dari GA) berdasarkan jumlah klik iklan dan juga berdasarkan budget si pengiklan yang masuk dalam jaringan periklanan Google. Jadi kita akan dibayar dari banyaknya klik iklan yang masuk kedalam website/blog milik kita. Yang harus diperhatikan adalah, kita tidaklah diperbolehkan untuk melakukan klik sendiri pada iklan yang terpasang pada blog/website kita pribadi. Jumlah tayangan iklan juga akan menyumbang penghasilan tetapi nilainya cukup kecil.
Membangun suatu blog/website yang mampu disetujui oleh Google Adsense tidaklah mudah tetapi tidak juga dikatakan sulit. Tetapi apabila kita memulai dari 0 butuh usaha yang sangat ekstra untuk menciptakan konten yang menarik dan tidak melanggar TOS Google, mempromosikan blog/website hingga memiliki traffic yang tinggi.
Semakin banyak traffic suatu blog, maka akan semakin besar potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari Google Adsense.  Jadi, ini merupakan suatu hal yang lumayan sulit bagi pemula dan belum memiliki pengalaman yang luas dalam dunia blogger. :)

MEMULAI BISNIS
Mempelajari tentang Google Adsense bisa dilakukan secara mandiri atau belajar dari mereka yang sudah mahir dan berpengalaman dalam bisnis online dengan GA. Dalam bisnis ini juga kita dituntut untuk mengetahui tentang blog/website dan bagaimana membuat blog/website kita memiliki visitor (traffic) yang tinggi.
Memulai bisnis dengan GA yang terpenting dalam kerja maksimal dan fokus dengan hal ini. Membangun suatu blog untuk pertama kalinya merupakan hal sulit apalagi ditambah dengan blog kita masih sepi dari visitor.

#1. Membuat Blog / Website
Pertama kali yang harus kita lakukan untuk bisa berbisnis dengan GA adalah situs web (blog atau website-non blog). Ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk membuat blog tetapi kebanyakan publiser GA menggunakan platform WordPress atau Blogger untuk membuat website.
Ciptakanlah konten-konten yang menarik dan bermanfaat secara rutin, sehingga blog kita memiliki konten yang akan dibaca oleh visitor. Blog yang memiliki banyak artikel (konten) biasanya akan lebih banyak menghasilkan daripada blog yang artikelnya sedikit.
Konten atau artikel adalah 'ruh' dari sebuah blog / website yang dimonetize dengan GA. Hal ini harus diketahui sejak awal pembuatan blog.

#2. Meningkatkan Traffic
Inilah hal yang paling penting setelah pembuatan suatu blog / website. Jumlah pengunjung yang banyak akan meningkatkan jumlah penghasilan kita dari GA. Traffic terbaik menurut sebagian pemilik web / blog adalah berasal dari Search Engine. Mau tidak mau, kita harus belajar tentang SEO agar konten kita berada  pada halaman utama pencarian Google, sehingga mendapatkan banyak traffic.

#3. Mendaftarkan Blog / Website ke Google Adsense
Ketika website sudah mulai memiliki banyak pengunjung, barulah blog kita diaftarkan ke GA. Pada saat mendaftarpun belum tentu langsung akan diterima, biasanya karena konten tidak memadai atau melanggar TOS dari GA.
Saat sudah diterima menjadi publisher Google Adsense pun kita belum tentu langsung akan mendapatkan uang. Kita harus meningkatkan pengunjung website dan akan lebih bagus apabila ada orang yang memasang iklan di website kita, ini akan meningkatkan jumlah money yang akan didapat.
Jadi kalau ingin mendapatkan penghasilan dari GA, kita harus rajin dan telaten serta jangan setengah-setengah. Harus dilakukan dengan sepenuh hati, Jika pengunjung blog sudah stabil, kita tinggal menikmati hasil dan akan lebih mudah mengatur bisnis atau melakukan berbagai optimasi lainnya.

Berbisnis online menggunakan Google Adsense memang terlihat menggiurkan. Terkesan mudah, murah dan untungnya berlipat-lipat. Faktanya, menjadi publisher dari Google Adsense  yang sukses itu membutuhkan perjuangan yang panjang, bahkan melebihi usaha bisnis yang offline. Bahkan untuk menggunakan topik tertentu, terkadang topik tersebut sudah dikuasai oleh para blogger kelas kakap dan paus. :)
Masih tergiur dengan Google Adsense ? Persiapkan mental dan fisik serta kuota anda, karena butuh perjuangan yang lama....
Selamat berjuang menjadi publisher Google Adsense.....
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama