DB : Menggenal Tipe Data dalam MySQL

Selamat sore guys 🌅

MySQL merupakan salah satu sarana untuk kita mengelola data. Di dalamnya kita bisa menyimpan data yang totalnya mencapai ribuan baris dan kolom. Baris dan kolom itu tentunya memiliki sebuah isi ( value ).

Seperti sebuah tempat, MySQL itu bisa kita ibaratkan sebagai sebuah rumah yang di dalamnya menyimpan berbagai benda. Dan tentunya benda-benda tersebut di atur dan di letakkan sesuai dengan fungsinya.

Kompos umumnya diletakkan di dalam dapur, kasur di kamar dan kursi tamu di ruang tamu. Jarang ( bahkan aneh ) bila kita meletakkan kompor di dalam kamar ataupun meletakkan kursi tamu di dapur bukan !? 

Begitupula dalam penggunaan basis data MySQL, kita tentunya perlu untuk memahami sebuah data yang nantinya akan kita simpan ke dalam basis data. Ambil contoh ada :

  1. 5
  2. Muhammad
  3. Jl. Ambar No. 5 Kota Wonosobo
Bagaimana kita menyimpan data-data diatas ? Bisakah kita menyimpan angka 5 dengan tipe data string ( varchar / text ) ke dalam MySQL ? Yap, Bisa! 

Tetapi ada yang perlu dipahami, walaupun kita bisa menyimpan angka 5 ke dalam MySQL dengan menuliskan tipe datanya string ( varchar / text ) kita melakukan kesalahan karena angka 5 itu merupakan sebuah bilangan dan untuk menyimpan sebuah bilangan, MySQL telah menyediakan tipe data lain untuk angka. Misalnya int ( integer ) untuk menyimpan bilangan bulat.

Bagaimana dengan data yang kedua yaitu Muhammad ? Data ini bisa kita simpan dengan tipe data string, karena telah kita ketahui untuk melakukan penyimpanan data berbentuk kata ataupun kalimat baik yang hanya huruf maupun gabungan antara huruf, simbol dan angka menggunakan tipe data string.

Berarti termasuk dengan data nomor 3 !? Yap, benar sekali 😍

Selain itu, bila kita memiliki data umur. Tentu isi yang nanti kita simpan berupa angka 1 - 100 ( atau lebih ). Maka dalam hal ini, secara otomatis tipe data yang perlu kita set untuk umur adalah int. Kenapa !? Karena belum pernah ada manusia yang memiliki umur 18C atau saat ditanya "umur anda berapa ?" nanti dijawab dengan "A".

Maka dari itu, perlu kita memahami lebih lanjut mengenai tipe-tipe data yang ada dalam MySQL. Pemahaman terkait hal ini akan mempengaruhi bagaimana nantinya hasil yang akan kita buat dalam pemrograman.

 

🛈 Tipe data dalam pemrograman ataupun basis data terkadang memiliki penamaan yang berbeda, namun sama dalam penggunaan. Maka dari itu sangat penting bagi kita memahami terkait tipe data ini.

Mari kita lihat dan kenali tipe data MySQL berikut :

📑 Tipe Data Umum ( General )

Int

Varchar

Text

Date

📑 Tipe Data Angka ( Numeric )

TinyInt

SmallInt

MediumInt

Int

BigInt

Decimal

Float Double

Real

Bit Boolean

Serial

📑 Tipe Data Tanggal dan Waktu ( Date Time )

Date

DateTime

TimeStamp

Time

Year

📑 Tipe Data String

Char

Varchar

TinyText

Text

MediumText

LongText

Binary

VarBinary

TinyBlob

Blob

MediumBlob

LongBlob

Enum 

Set

📑 Tipe Data Spasial ( Spacial )

Geometry

Point

LineString

Polygon

Multipoint

MultiLineString

MultiPolygon

GeometryCollection

📑 Tipe Data JSON

JSON


Wah, banyak ya. Perlukan kita hafalkan semua ? Tentu tidak! Cukup mana yang memang kita butuhkan, dengan banyaknya jenis tipe data ini maka kita diberikan banyak sekali opsi untuk menampung data-data kita yang bisa dari berbagai macam jenis.

Namun, umumnya kita dalam melakukan pemrograman lebih banyak menggunakan tipe data :

  • varchar untuk menyimpan data teks yang pendek. Jika > 2.000 huruf / karakter kita bisa menggunakan tipe data text.
  • int untuk menyimpan tipe data berupa angka bulat. Sedang yang memiliki koma kita bisa menggunakan tipe data lain yang masuk dalam keluarga tipe data numeric.
  • char digunakan untuk kita menyimpan data berupa karakter yang tidak terlalu panjang.
  • date / datetime digunakan untuk kita menyimpan data berupa tanggal.

Nah, itulah beberapa hal terkait jenis tipe data yang ada dalam lingkup MySQL. Tetap belajar dan yuk #Ngulik ✋

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama