9 Tanda Orang Yang Mampu Berpikir Logis

"Orang Cerdas Tidak Mudah Kena Tipu"
Logika adalah salah satu kunci untuk menuju kesuksesan. Dengan mampu berpikir logis, maka kita bisa merespon fenomina di sekitar kita dengan cepat. Keuntungan menjadi orang yang logis adalah dapat memprediksi apa yang bakal terjadi setelah munculnya sebuah peristiwa.
Dengan kata lain, orang yang mampu berpikir logis kerap dipanggil sebagai "orang pintar" karena punya kemampuan spesial tersebut. Nah, jika kita termasuk orang yang logis, pasti kita punya tanda-tanda orang yang berpikir logis bukan ? Berikut adalah ciri-ciri orang yang berpikir logis :
  • Orang yang berpikir logis biasanya memilih berpikir masa depan daripada masa lalu
Orang yang rasional (logis) selalu berpikir soal capaian dan target. Karena itu, ia lebih banyak berpikir soal masa depan. Baginya masa lalu tidak bisa diubah dan sudah terlewat, buat apa dipikirkan. Kecuali kalau kita bisa memetik pelajaran dari masa lalu, itu berbeda.
  • Pertanyaan yang sering muncul pada orang logis adalah "Kenapa ?"
Bagi orang yang mampu berpikir rasional, segala sesuatu itu ada alasannya. Alasan adalah hal yang menyebabkan sesuatu hal terjadi. Tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini.
  • Orang logis selalu membuat jadwal agenda atau rencana
Orang yang menggunakan logikanya akan menolak melakukan sesuatu hal tanpa adanya rencana. Ia selalu ingin segalanya terkontrol sesuai apa yang diharapkan. Karena itu, orang logis akan selalu membuat penjadwalan dan rencana yang matang sebelum aksinya dilakukan.
  • Alih-alih bertindak asal, orang yang logis juga bergerak atas pertimbangan untung-rugi
Sekilas orang yang berpikir logis akan tampak materialistis. Soalnya ia melakukan suatu hal setelah mempertimbangkan untung-rugi baginya.
  • Sayangnya, orang yang menggunakan logikanya sering dianggap bertangan besi dan kejam
Ia tidak ingin ada gangguan dalam usahanya mencapai sebuah target. Karena itulah orang yang menggunakan logikanya membuat planning sebelum aksi. Dalam rencana itu pula, ia menyingkirkan berbagai hal yang bisa mengancam kesuksesannya. Orang lainpun kerap menganggapnya kejam karena hal ini.
  • Orang logis memperoleh informasi dengan cepat
Saat seorang bertanya, orang dengan logika dapat langsung menangkap jawaban dengan cepat. Ini terjadi karena ia sudah paham alur berpikir dari sebuah fenomena. Otaknya pun seolah mengolah informasi, sehingga tahu bagaimana menjawabnya.
  • Orang yang logis sulit berdiam diri untuk waktu yang lama
Orang yang berpikiran dengan logikanya sulit untuk tinggal diam dalam jangka waktu yang lama. Ia beranggapan diam tanpa melakukan apapun tidak akan membantunya mencapai target kesuksesan.
  • Permainan strategi adalah hal yang disukai oleh orang-orang logis
Orang yang logis mempunyai kegemaran berpikir. Ia pun menyukai permainan. Hanya saja permainan yang ia sukai adalah hal yang berbau pemikiran. Maka permainan seperti catur atau teka-teki yang mengasah otak adalah permainan favoritnya.
  • Orang yang logis memiliki jadwal yang rapi
Siapapun bisa mengatur tujuan untuk menjadi sukses. Pembedanya hanyalah cara atau metode untuk memperoleh kesuksesan tersebut. Cara atau metode tersebut perlu dipatuhi. Karena itu, orang yang berpikiran logis selalu membuat jadwal sebagai pengingat agar dirinya bisa mematuhi cara atau metode yang telah dibuat.

Nah, apakah kita memiliki beberapa ciri-ciri diatas ? Jika ia maka tidak diragukan lagi bahwa kita termasuk orang yang memiliki logika yang jalan dalam otak kita. Well, jika tidak maka latihlah otak kita agar mampu berpikir lebih logis dalam hidup.
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama