Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya, dalam membuat aplikasi Android dengan Kotlin tidak terlepas dari Activity. Activity sendiri merupakan salah satu dari empat komponen aplikasi Android, komponen ini digunakan untuk mengendalikan UI dan menangani interaksi pengguna ke layar smartphone.
Contoh dari Activity ini yaitu saat di layar pengguna menampilkan teks dan logo kemudian ada tombol yang mengarahkan ke halaman lain. Jika dalam pembuatan projek Android Kotlin ini memiliki lebih dari satu activity maka salah satu activity harus ditandai sebagai tampilan yang secara default akan tampak pertama kali saat aplikasi jalan.
Caranya ?
Membuat activity ini mudah. Pada projek yang dibuat pertama kali, akan ditampilkan dua buah file yaitu :
- MainActivity.kt
- activity_main.xml
Di bagian pojok kanan ada 3 menu yang digunakan untuk mulai bekerja dengan projek yaitu pilihan Code, Split dan Design
Klik yang Code, maka tampilan menjadi :
Fokus pada bagian ini :Ubah dengan layout LinearLayout
Kode lengkap menjadi :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:id="@+id/main"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
tools:context=".MainActivity">
<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Hello World!"
app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent"
app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
app:layout_constraintTop_toTopOf="parent" />
</LinearLayout>
Klik kembali ke mode Design, tekan tulisan Design di bagian pojok atas. Tampilan kembali ke mode untuk desain.
🛈 Sekedar informasi untuk membesarkan / mengecilkan tampilan bisa menggunakan tombol + dan - yang ada di sebelah bagian yang gelap
Sekarang mari otak atik teks Hello World!
Ganti dengan tulisan MY SOURCE CODE
Klik teks tersebut, lalu pada bagian Atributes ( bagian kanan ) cari properti text. Ganti menjadi MY SOURCE CODE :
Untuk mengubah posisi teks, gunakan properti android:orientation = "vertical"
Tambahkan secara manual dengan masuk ke mode Code ( tekan di pojok kanan atas ).
Pindah lagi ke mode desain, klik teks dan cari properti layout_gravityTambahkan cek untuk center dan nilai menjadi true
Sudah di tengah dong 😁
Begitu pula untuk menambahkan hal lain atau mengubah jenis font, warna atau ukuran.
Selanjutnya tambahkan sebuah tombol, caranya pada bagian Pallete ( kiri ), klik tulisan Button. Kemudian drag n drop ke bagian Component Tree ( kiri, bawah Pallete ).
Menjadi :
Perlu dipahami bahwa id merupakan nama dari sebuah komponen, karena id ini yang nantinya akan dipanggil saat akan menambahkan fungsi apa yang ditambahkan ke dalam komponen tersebut.Sampai sini, kita lanjutkan dengan menambahkan activity baru. Activity baru ini nantinya akan menjadi tujuan saat tombol "Pindah Halaman" di klik.
Pertama, klik kanan pada folder layout ( pojok kiri atas ) yang berada di dalam folder res 🠆 layout
Akan terbentuk dua file baru yaitu :
- HalamanKedua.kt
- activity_halaman_kedua.xml
Pindah ke activity_halaman_kedua.xml dan tambahkan komponen teks, ubah tulisan menjadi "Ini Halaman Kedua"
Sekarang, pindah ke file MainActivity.kt
private lateinit var btPindah: Button
Kembali lagi ke file MainActivity.kt
Di bawahnya, tambahkan perintah setOnClickListener(), Intent() dan startActivity() untuk hal yang akan terjadi bila tombol di klik ( agar pindah halaman / activity kedua )
btPindah.setOnClickListener{
(
startActivity(
Intent(this@MainActivity, HalamanKedua::class.java)
)
)
}
package com.example.latihan1
import android.content.Intent
import android.os.Bundle
import android.widget.Button
import androidx.activity.enableEdgeToEdge
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity
import androidx.core.view.ViewCompat
import androidx.core.view.WindowInsetsCompat
class MainActivity : AppCompatActivity() {
private lateinit var btPindah: Button
override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
super.onCreate(savedInstanceState)
enableEdgeToEdge()
setContentView(R.layout.activity_main)
// isi variabel btPindah dengan id dari tombol activity_main.xml
btPindah = findViewById(R.id.btPindah)
// tombol di klik
btPindah.setOnClickListener{
(
startActivity(
Intent(this@MainActivity, HalamanKedua::class.java)
)
)
}
ViewCompat.setOnApplyWindowInsetsListener(findViewById(R.id.main)) { v, insets ->
val systemBars = insets.getInsets(WindowInsetsCompat.Type.systemBars())
v.setPadding(systemBars.left, systemBars.top, systemBars.right, systemBars.bottom)
insets
}
}
}
Setelah selesai semua penulisan dan pastikan tidak ada yang error, sekarang jalankan hasil kode dengan Emulator atau langsung dengan HP Android.
Di artikel ini menggunakan contoh emulator smartphone Pixel 2 API 31
Tekan tombol segitiga hijau dan tunggu sesaat sampai muncul device virtual dan taraaaa, menghasilkan teks yang tadi dibuat beserta dengan tombolnya.
What? Kosong 👀
Yups! Ini betul karena memang di activity_halaman_kedua.xml belum kita beri komponen apapun. Tapi cobalah beri komponen teks atau button dan JALANKAN ULANG 😎
Semoga berhasil! Good luck and mangatz selalu man teman...
Tags:
Kotlin