Instalasi Node.JS di Windows

Node.JS merupakan perangkat lunak tambahan yang diperlukan untuk mengembangkan web lebih praktis. Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah kemampuan untuk Asyncronous I/O, V8 JavaScript Engine, Modul CommonJS dan NPM ( Node Package Manager ).
Fitur npm ini yang diperlukan untuk pengembangan web menggunakan Laravel dan tailwind 😁

Node.JS ini sendiri merupakan sebuah runtime yang berjalan menggunakan lingkungan JavaScript, sesuai dengan namanya yang berakhiran (dot) JS / .JS yang merupakan nama lain atau singkatan dari JavaScript.

Perangkat lunak ini memiliki kemampuan untuk menjalankan JavaScript di sisi server, berbeda dengan JavaScript yang penggunaanya di sisi browser pengguna. 

Sekarang, bagaimana caranya melakukan instalasi Node.JS ? Berikut ini step by step untuk melakukan instalasi Node.JS di lingkungan Windows.

Langkah pertama, unduh file instalasi untuk Node.JS melalui web resminya

Unduh Node.JS

Tunggu proses unduh sampai selesai



Setelah terunduh dengan sempurna, cek di explorer pengunduhan default ( Downloads/Programs). Klik dua kali file tersebut untuk memulai instalasi Node.JS


Klik tombol Next, Next dan Next sampai muncul tulisan Install.
a

Tunggu proses instalasi selesai dan akan muncul jendela informasi "Completed the Node.JS Setup Wizard"


Selanjutnya akan muncul terminal atau command prompt, disini tekan sembarang tombol untuk konfigurasi lebih lanjut dengan munculnya jendela berwarna lain, tunggulah proses tersebut sampai selesai.


Setelah selesai, coba buka jendela command prompt atau terminal dan lakukan pengecekan dengan mengetik :
npm [Enter]

Kalau muncul keterangan seperti pada gambar diatas, maka proses instalasi Node.JS berhasil 😁




Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama