Mengenal Variabel Dalam C++

Bagi yang belum paham apa itu C++ silakan baca disini atau bagi yang ingin melihat contoh program sederhananya silakan klik disini.

Langsung saja kita membahas tentang variabel C++ ya AG-Friends. Perhatikan pernyataan dibawah ini :

2a + 3b x 5 = c

Di MTs / SMP / Sederajat sudah pasti mengenal dan mempelajari tentang pernyataan seperti diatas kan AG-Friends ? Pada pernyataan diatas angka 2 dan 3 disebut koefisien, a,b dan c merupakan variabel, angka 5 merupakan konstanta dan +, x dan = merupakan sebuah operator.
Jika dimasukkan kedalam pemrograman C++, pernyataan diatas akan berubah menjadi seperti dibawah ini AG-Friends :

c = 2 * a + 3 * b x 5

Dalam pemrograman C++ tidak mengenal adanya koefisien, dalam dunia C++ hanya dikenal variabel dan konstanta. Karena koefisien merupakan perkalian antara angka dan huruf maka koefisien 2a jika dalam C++ ditulis dengan 2 * a.

Selain itu, operator operasi aritmatika yang kita kenal dalam dunia nyata ada yang berbeda jika dimasukkan kedalam pemrograman C++. Seperti perkalian dengan tanda 'x' akan berubah menjadi tanda asterisk (*).

Variabel dalam istilah matematika merupakan peubah yang artinya bahwa variabel itu belum memiliki nilai yang pasti atau bisa dibilang variabel akan bisa diisi dengan angka ataupun sebuah string. Dalam kehidupan matematis, variabel bisa berfungsi menjadi 2 yaitu ketika variabel menjadi sesuatu yang diberi nilai seperti pada pernyataan a = 2 + 7 yang artinya variabel a akan bernilai 9. Dan suatu nilai yang mempengaruhi nilai variabel lainnya, seperti pada contoh a = 4 + b yang memiliki arti b akan mempengaruhi nilai yang dihasilkan.

Dalam menggunakan variabel, kita dibebaskan untuk menggunakan nama apapun. Tetapi tetap masih ada beberapa aturan dalam pembuatan variabel yang tidak boleh dilanggar, seperti :
  • Penamaan variabel bersifat case-sensitive atau memperhatikan besar kecilnya suatu huruf. Jika kita membuat variabel nama, Nama dan NAMA itu akan dianggap suatu variabel yang berbeda.
  • Penamaan variabel tidak boleh dipisah dengan spasi. Kita sangat dianjurkan untuk memisah suatu kata mengguanakan underscore ( _ ). Seperti nama_anda, jumlah_anak dan lain-lain.
  • Penamaan variabel tidak boleh menggunakan kata-kata yang digunakan sebagai perintah dalam C++, seperti cout, cin, int, long, return, private, public, new, class dan lain-lain.
Sebagai bahan untuk belajar dan menambah pemahaman silakan perhatikan script sederhana dibawah ini. Untuk pertama kalinya buka program Dev-C++ kalian dan akan mendapati sebuah window seperti dibawah ini :

/
/ Contoh program variabel
#include"iostream"
using namespace std;
int main(){
    int a; //membuat variabel
    int b;
    int c;
    a = 7; b = 3;
    c = a + b; // menjumlahkan a dan b
    cout<<"Contoh Program Variabel \n"; //Menampilkan pernyataan ke layar
    cout<<"Nilai a = "<<a<<endl;
    cout<<"Nilai b = "<<b<<endl;
    cout<<"Nilai c = "<<c<<endl;
    cout<<"Hasil dari a + b adalah "<<c<<endl;
   
    system("pause");
    return 0;
}


Tulis source code diatas dan layar Dev-C++ akan terlihat seperti dibawah ini :

Tekan tombol F11 untuk meng-compile dan me-run kode tersebut atau bisa dengan menekan tombol yang ada di bagian atas program Dev-C++. Perhatikan gambar!


Setelah di- compile & run akan tampil sebuah layar hitam hasil dari kode diatas, seperti yang terlihat dalam gambar dibawah ini:


Perhatikan source code diatas AG-Friends dan pahami serta teruslah belajar serta jangan bosan-bosan untuk mencoba sesuatu yang baru dalam pemrograman. Ada pertanyaan, komentar atau saran silakan kirim melalui kolom komentar yang tersedia.
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama