Coding C/C++ Menggunakan VS Code

Yuk kita belajar bagaimana setting VS Code kita untuk coding bahasa C/C++ 👌

C++ merupakan penerus dari bahasa C, bahasa ini menjadi salah satu induk bahasa yang populer saat ini ( 2023 ). Bahasa turunannya sekarang seperti PHP, Java, Dart, Flutter telah menjelma menjadi bahasa yang powerfull. Namun, bahasa induk ini juga tidak kalah menarik minat dari para programmer yang ingin menggali lebih jauh tentang dunia percodingan.

Banyak editor yang bisa kita gunakan guna coding C++, namun kali ini kita akan membahas terkait bagaimana sih coding C++ dengan VS Code !?

Langsung saja kita buka editor VS Code, arahkan ke menu ekstension dan ketik di kolom pencarian C++. Akan muncul sebuah ekstensi dengan logo ada warna ungu, langsung saja lakukan instalasi :





Setelah berhasil melakukan instalasi ekstensi C/C++ tersebut, kita langsung coba buat file baru untuk menuliskan baris kode C++ sederhana kita. Perhatikan gambar dibawah ini :
 


Muncul halaman kosong seperti dibawah ini :

Kita akan menuliskan beberapa baris sederhana, baris kodenya :

Jangan lupa kita simpan terlebih dahulu untuk kodenya. Simpan dimanapun deh, tetapi perlu diingat bahwa sangat penting bagi kita untuk menyimpan baris kode di luar drive C.
Kita bisa menyimpan di D, E atau lainnya ( kalau Windows, jika menggunakan komputer Mac tidak ada pilihan drive ya ).
Juga penting bagi kita untuk menyimpan setiap projek baru dengan folder tersendiri, untuk menghindari projek yang bercampur-campur file kodenya.


Di sini kami menyimpan kode di dalam folder bernama CPP-VS Code. Beri nama latihan1, klik tombol Simpan maka kita akan diarahkan kembali ke halaman baris kode kita ya gaes :)

Oiya, setelah di amati lebih jeli. Ternyata ada kesalahan penulisan di kode kita :)
Kita perlu mengganti menjadi #include<iostream>
Hhe.... 

Kalau ada pemberitahuan untuk memasang ekstensi tambahan C++, kita bisa melakukan instalasi atau tidak melakukannya. Terserah kita.
Tapi untuk lebih memudahkan, lebih baik si dilakukan ya :)
Admin juga melakukan instalasi kok, perhatikan hasil gambar instalasi dibawah ini :

Kemudian, di notifikasi berikutnya jika muncul Select IntelliSense....
Kita diarahkan untuk memilih compiler C/C++ kita, klik saja lalu arahkan ke compiler yang sudah terpasang di komputer kita.

Disini penulis menggunakan compiler yang dimiliki oleh aplikasi C/C++ lain, yaitu Dev-C++. Compiler berada di lokasi C:\Program Files (x86)\Dev-Cpp\MinGW64\bin, makanya arahkan diarahkan ke folder tersebut. Lalu bagaimana kalau di komputer belum ada ? Kita akan bahas di artikel lain ya :)

Selanjutnya, di bagian kanan atas kita tekan simbol yang kayak segitiga. Ada pilihan Debug dan Run.

Pilih Debug terlebih dahulu :) 


Karena tadi kita telah set Environment compiler. Disini muncul pilihan C/C++ : g++.exe...

Pilih saja dan klik 


Proses Debug akan berjalan dan tunggu beberapa saat ( mungkin sepersekian detik ya )

Nah selanjutnya tinggal tekan lagi segitia tersebut, pilih yang tulisan Run


Yaayyy, berhasil kita melakukan coding C++ by VS Code gaes....

Mudah bukan !? 

Selamat belajar ya :)

MangatzzZ  💪

Mungkin tertarik dengan 👉 Opsi ke-2 Konfigurasi C++ di Visual Studio Code

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama