Cara Set Konfigurasi PHP Dengan Server IIS

Selamat pagi gaes 😇 

Okey ya setelah kemarin kita berhasil untuk menghidupkan server IIS di Windows kesayangan kita, selanjutnya mari kita set konfigurasi IIS agar bisa digunakan untuk pemrograman php.

Cek kembali artikel ini untuk set awal server Microsoft IIS.

Baik ya, next kita buka IIS kita...
Kita dapatkan sebuah UI 
UI IIS with PHP Manager

Antarmuka diatas merupakan tampilan IIS yang sudah ada PHP Manager, bila di UI teman-teman belum ada maka unduh PHP Manager melalui tautan ini.


Pilih sesuai dengan komputer sobat, baik yang x64 ataupun x86. Kemudian lakukan proses instalasi sampai selesai. Setelah instalasi selesai, kita buka lagi UI IIS dan akan kita dapatkan menu baru PHP Manager seperti gambar di awal artikel diatas yah 👌

🛈 Untuk melanjutkan materi, pastikan sudah mendownload php di tautan ini, pilih yang NTS
Dalam artikel ini kami mengundur php dengan versi php-8.2.3-nts-Win32-vs16-x86
Terlihat pada gambar dibawah ini :

Kita ekstrak php tersebut dan letakkan di lokasi C:\Program Files (x86) - kalau Windows komputer kalian versi x64. Jika masih x86 letakkan di lokasi C:\Program Files. Nampak seperti gambar :

Yap, dari sini kita kembali ke UI IIS kita. Klik dua kali ( 2x ) pada menu PHP Manager akan tampil sebuah dialog konfigurasi php ( PHP Manager )



Klik pada tulisan Register new php..., kita akan mendapatkan tampilan seperti :

Disini kita diminta untuk mencari sebuah file dengan nama php-cgi.exe yang berada di dalam folder yang kita ekstrak tadi. 
Klik titik tiga di kanan textbox, kita arahkan ke lokasi C:\Program Files (x86)\php-8.2.3-nts-Win32-vs16-x86
Tempat dimana kita mengekstrak file php kita tadi yah 😊

Klik → Open, kita akan melihat tampilan ini lagi 

 Klik pada teks yang bertuliskan Check phpinfo(), jika nampak tampilan :

Tekan tombol OK, akan muncul :

Informasi diatas menampilkan hal-hal terkait dengan php yang kita unduh tadi. Tampilan seperti ini menandakan bahwa set konfigurasi php untuk server IIS kita berhasil. Dan kita tinggal mencobanya ✌😎😌

Artikel selanjutnya 

Mangatz gaes 😇

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama