DB : Memahami Pembuatan Basis Data ( DB ) via phpmyadmin

Selamat pagi kawan, sudah ngopi 🧉

Segarkan pagi ini dengan kopi dulu ya, setelah itu yuk kita lanjutkan untuk belajar basis data ( db ).
Untuk membuat sebuah basis data dalam mysql kita bisa menggunakan 2 opsi, yaitu via command line dan phpMyAdmin. Untuk membuat basis data ( database ) via cmd kalian bisa cek artikel sebelumnya disini, karena di artikel sekarang kita akan belajar bagaimana membuat db dengan phpMyAdmin.

Pertama tentu merupakan sebuah syarat mutlak, yaitu jangan pernah lupa untuk menyalakan aplikasi server kita ( kami menggunakan server XAMPP ). Pastikan apache dan mysql telah berjalan :

Apache dan MySQL belum running

Sudah running

Kemudian kita buka server localhost kita dengan klik tombol admin yang ada di samping tombol stop dalam aplikasi XAMPP kita. Atau ketik localhost di browser, tampil :




Langsung kita pergi ke dashboard atau beranda phpMyAdmin, klik tulisan phpMyAdmin yang berada di pojok kanan atas. Akan muncul sebuah tampilan seperti berikut :
Tampilan default tema pmahomme

phpMyAdmin dengan tampilan tema Metro 

Dari sinilah kita bisa melihat semua menu-menu yang dimiliki oleh phpMyAdmin.
🛈 Disini kami menggunakan aplikasi XAMPP dengan versi xampp-windows-x64-8.1.1-2-VS16-installer, jika ada perbedaan tampilan jangan panik! Karena intinya secara fungsi dasar masing sama

Langsung kita klik tab menu Basis Data ( atau Database jika dalam Bahasa Inggris ), kita akan disajikan dengan tampilan :


Baiklah, eksekusi kita dimulai dari sini yah 😎
Dibagian ini kita mulai memberikan nama untuk basis data, sebagai contoh kita buat sebuah basis data dengan nama db_latihan. Untuk kolom dengan tulisan utf8mb4... biarkan saja dulu, kita tidak usah ubah apapun kemudian tekan tombol Buat atau Create.
🛈 Nama basis data kita yang akan kita buat db_latihan.
Tampilan selanjutnya :

Dari tampilan diatas, kita diarahkan untuk membuat nama tabel disertai dengan jumlah kolom. Biarkan saja dengan jumlah kolom bawaan ( 4 ), untuk nama tabel kita namai tb_latihan. Klik tombol Kirim, kita akan disajikan tampilan untuk memberikan judul untuk masing-masing kolom dan tipe datanya :
🛈 Klik disini untuk mengenal tipe-tipe data dalam MySQL
Kita isi masing-masing kolom tersebut dengan data yang disesuaikan dengan kolom Nama - Jenis - Panjang/Nilai :
  • nama - Varchar - 50
  • alamat - Varchar - 50
  • tanggal_lahir - Date - "biarkan kosong"
  • umur - int - 2
⚠ Untuk kolom lain, biarkan kosong dulu!
Menjadi :

Setelah selesai, kita scroll ke bagian bawah. Untuk melihat query SQL tekan tombol Pratinjau SQL, atau untuk langsung membuat tabel tb_latihan langsung tekan Simpan.  


Tampilan menekan tombol Preview SQL / Pratinjau SQL
Query SQL kita :
CREATE TABLE `db_latihan`.`tb_latihan` ( `nama` VARCHAR(50) NOT NULL , `alamat` VARCHAR(50) NOT NULL , `data` DATE NOT NULL , `umur` INT(2) NOT NULL ) ENGINE = InnoDB;

Setelah kita klik tombol Simpan, kita akan disajikan sebuah tampilan :

Ini merupakan struktur data kita. Selanjutnya kita bisa isi tabel ini sesuai dengan nama-nama kolom yang telah kita buat, yuk gaskan! 😎
Klik tab menu Tambahkan atau Insert, kita selanjutnya akan disajikan tampilan :


Sebagai contoh, kita isi satu saja bagian penambahan datanya. Setelah kita isi sesuai data menjadi :


Kemudian klik tombol Kirim atau Send. Sajian tampilan selanjutnya :
Disertai sebuah query SQL untuk penambahan atau insert data. Query ini perlu kita pelajari dan pahami karena sangat penting sebagai sarana pengolahan basis data yang menggunakan SQL sebagai bahasanya.

Kemudian kita pindah ke tab menu Jelajahi ( atau Browse dalam tampilan berbahasa Inggris ). Kita akan disajikan sebuah tampilan :




Kita melihat bahwa data-data yang kita tambahkan akan muncul disini. Kolom-kolom kita yang berjudul nama, alamat, tanggal_lahir dan umur telah terisi. Pahami dengan baik dasar-dasar phpMyAdmin ini. Penting sekali.

Semangat selalu belajar gaes! 😌


Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama