Dasar Input - Output Dalam C++

 السلام عليكم ورحمة الله وبركته
Selamat malam dan sudah seberapa capekkah menjalani rutinitas harian pada hari ini AG-Friends ? Sangat capekkah atau tidak capek sama sekali atau malahan tidak beraktivitas ? Hehe....
Dalam posting kali ini, kita akan membahas suatu pengetahuan yang sebenarnya cukup dasar atau bahkan sangat pemula. Yaitu pembahasan tentang input dan output.
Dalam beberapa contoh kasus program yang AQIEMGroup berikan sebelumnya, sering terdapat perintah sederhana yang belum dibahas secara mendalam AG-Friends, yaitu perintah :

» cin>>variabel;
» cout<<"statement";

Kedua perintah diatas merupakan bagian dari keluarga untuk perintah input-output dari sekian banyak perintah input-output yang disediakan oleh atau yang terdapat dalam pemrograman C++. 
Perintah input merupakan perintah (command) yang bertugas untuk membaca sebuah input-an dari user baik berupa ketikkan keyboard, suara dari microphone, citra image dari kamera dan lain-lain sebagainya. Sedangkan perintah output merupakan perintah (command) yang digunakan untuk menampilkan hasil suatu operasi atau sekedar teks ke media output seperti printer, layar monitor, speaker dan lain-lain. 
 Untuk dapat menggunakan perintah input-output dalam kasus ini cin dan cout, dalam script atau source code harus dilampirkan header iostream (#include "iostream" atau #include<iostream>). Untuk dapat melakukan output suatu teks ke monitor bisa menggunakan perintah yang sangat simple, perhatikan potongan kode dibawah!

...
string x;
x  = "Selamat belajar C++ sobat AQIEMGroup!"
cout<<""<<x;
...

Sedangkan untuk membaca suatu input-an atau untuk melakukan operasi input bisa dengan menggunakan seperti dibawah ini : 

...
int x;
cin>>x;
...

Variabel 'x' merupakan variabel yang digunakan untuk menampung nilai karakter-karakter input-an dan nantinya karakter-karakter tersebut bisa dikeluarkan atau ditampilkan melalui perintah cout. Ada yang bingung mengapa tanda cout mengarah ke arah kiri ( << ) dari berbeda dengan milik cin yang mengarah ke kanan ( >> ) ?
Pada perintah cin yang mengarah ke kanan diibaratkan sebagai media input yang akan memberikan sebuah nilai kepada variabel. Sedangkan pada perintah cout diibaratkan sebagai media output yang akan menampilkan data yang diberikan kepada perintah cout. Jadi dengan pendekatan seperti ini, akan memudahkan para programmer kemana arah panah untuk masing-masing perintah tersebut.

Kelemahan Perintah Input 'cin>>variabel'
Perintah 'cin' sebagai salah satu media input memiliki kelemahan yang cukup membuat para programmer kebingungan. Karena perintah input ini akan menganggap karakter kosong [spasi] sebagai akhir dari sebuah input. Walaupun secara kasat mata, perintah cin tidak diakhiri dengan karakter kosong melainkan dengan menekan tombol 'enter'. Jadi menggunakan perintah ini, programmer hanya bisa meng-input-kan satu kata saja.
Sebagai solusi untuk meng-input-kan banyak kata dengan perintah ini ada perintah yang namanya perintah getline(), dimana format penulisannya adalah seperti berikut ini :

...
getline(cin, variabel);
...

Nah, untuk memahamkan dan menjadi lebih mudah untuk dipahami coba perhatikan petikan source code atau script dibawah ini AG-Friends :

/*
Program name : AQIEMGroup Input-Output
Program by : AQIEM Group
*/
#include "iostream"
#include<string>
using namespace std;
int main(){
    string x, y;
    //perintah cin standar
    cout<<"Inputkan suatu kalimat : ";
    cin>>x;
    cout<<"Anda memasukkan teks : "<<x<<endl;

   
    system("pause");
    return 0;

Compile dan Run kode diatas sehingga tampil layar hitam. Dan cobalah mengetik 2 atau lebih suku kata maka ketika ditampilkan dengan cout, hanya akan menampilkan suku kata yang pertama.
Jelaskan ? Berbeda jika menggunakan perintah getline(), perhatikan script dibawah ini :

/*
Program name : AQIEMGroup Input-Output
Program by : AQIEM Group
*/
#include "iostream"
#include<string>
using namespace std;
int main(){
    string x, y;
    //perintah cin dengan getline()
    cout<<"Inputkan suatu kalimat : ";
    getline(cin, y);
    cout<<"Anda memasukkan teks : "<<y<<endl;
   
    system("pause");
    return 0;
}


Sudah paham kan AG-Friends ? Hmmm,,,
Jika masih ada pertanyaan, saran atau komentar silakan masuk ke fanspage AQIEM Group di Facebook atau follow twitter AQIEM Group untuk informasi penting lainnya. Sekian dan sampai jumpa...

Salam #AQIEMGroup!!!
والسلام عليكم ورحمة الله وبركته

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama