Sudah Mengenal Konstanta C++ ? Ayo Pelajari Konstanta

Assalamu'alaikum wr. wb

Konstanta merupakan suatu nilai yang tetap atau sudah diketahui. Contohnya adalah nilai 5, 2.1, 'R', 'Ayscript) yang kita buat, baik diberikan secara langsung maupun secara operasi matematika.
am Kampung' dan lain-lain. Konstanta inilah sebuah nilai yang akan diberikan kepada variabel-variabel dari kode (

Sebagai contoh, ketika kita akan memberikan nilai (angka) 5 pada variabel bertipe integer jumlah_anak, maka di dalam kode pemrograman C++ dalam pendeklarasiannya akan terlihat  menjadi  seperti dibawah ini:

...
int jumlah_anak;
jumlah_anak = 5;
...

Atau ketika sebuah operasi matematika, maka kan terlihat kurang lebih seperti dibawah ini : 

...
int nilai1, nilai2, jumlah;
jumlah = nilai1 + nilai2 + 5;
...

Pendeklarasian sebuah konstanta (constanta) pada dasarnya hampir sama dengan variabel. Hanya saja ditambahkan kata 'const' sebelum penulisan pada tipe data pendeklarasian sebuah variabel. Perhatikan contoh dibawah ini :

const jumlah_anak = 3;

Perlu diingat ya AG-Friends! Bahwa nilai yang sudah dideklarasikan dalam sebuah konstanta tidak dapat diubah. Pada contoh diatas, nilai dari konstanta jumlah_anak adalah 3 sepanjang program berjalan, jika mencoba untuk merubahnya maka akan terjadi error.
Selain menggunakan keyword const, pendeklarasian sebuah konstanta juga dapat menggunakan preprocessor #define. Namun perlu diingat bahwa #define merupakan preprocessor. Jadi jika compiler menemukan kata dalam source code yang sudah didefinisikan pada pernyataan #define, maka kata itu akan langsung diubah sesuai dalam pernyataan #define.
Untuk lebih jelasnya perhatikan source code pada gambar berikut :
Dari source code diatas akan dihasilkan seperti yang terlihat dalam gambar berikut :
Adakah hal janggal menurut AG-Friends ? Ada kan ?
Coba perhatikan pada kode diatas, kita bisa melakukan operasi perkalian dengan menggunakan variabel bertipe char! Loh, Kok bisa ? Pada dasarnya, preprocessor #define akan merubah setiap kata dalam source code sesuai parameter yang diberikan kepada preprocessor #define.
Jadi, bisa juga dikatakan bahwa perintah #define adalah perintah yang memerintahkan compiler untuk mengganti setiap kata dalam source code yang sesuai dengan kata_yang_diubah menjadi hasil_perubahan pada parameternya sebelum compiler melakukan kompilasi.
Terlihat bahwa pada baris kedua, terdapat perintah #define pi 3.14 yang memberitahukan kepada compiler pada setiap kali menemukan kata pi dalam source code, compiler harus merubah kata pi menjadi 3.14.
Jadi penggunaan char sebagai tipe data floating point dalam source code diatas adalah valid karena kita telah memberitahu compiler bahwa jika terdapat kata char maka diganti dengan kata float.

Paham kan ? Kalau AG-Friends belum paham, dipersilakan untuk bertanya / memberi saran atau kritik melalui kolom komentar yang telah disediakan. Selamat belajar ya AG-Friends!!!
Salam Semangat!!!
Salam AQIEMGroup!!!

Wassalamu'alaikum wr. wb
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama