Mengenal Basis Data MySQL

Dalam artikel yang ditulis dalam situs web Oracle ( ini ) dijelaskan bahwa "MySQL is the world's most popular open source database. With its proven performance, reliability, and ease-of-use, MySQL has become the leading database choice for web-based applications, used by high profile web properties including facebook, twitter, youtube and all five of top five websitesAdditionally, it is an extremely popular choice as embedded database, distribited by thousand of ISVs and OEMs".

Dalam Bahasa Indonesia, MySQL didefinisikan sebagai program aplikasi database yang berbasis open-source. MySQL mampu menangani database yang kompleks dan cukup besar. MySQL juga dapat menangani database client-server. MySQL sendiri dibuat oleh MySQL AB sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya, orang dibalik MySQL AB adalah David Axmark dan Allan Larsson yang berasal dari Swedia dan Michael Monty Widenius yang berasal dari Finlandia.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa MySQL, apakah ada pengolah data selain menggunakan MySQL ? Jawabannya adalah 'banyak'. Terdapat banyak software yang digunakan untuk mengolah data supaya lebih terorganisir dan lebih rapi, diantaranya adalah Ms. Acces, Ms. Excel dll. Namun, bisa dibandingkan dengan software lainnya, MySQL memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak developer programming-database memilih MySQL sebagai basis pengolah datanya. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh MySQL :

  • Free (Bebas di download).
  • Stabil dan tangguh.
  • Fleksibel dengan berbagai variasi pemrograman. 
  • Security yang baik.
  • Dukungan dari banyak komunitas.
  • Kemudahan manajemen.
  • Mendukung transaksi.
  • Perkembangan software yang cepat.
Fitur-fitur yang disertakan dalam MySQL juga cukup lengkap. Hal ini tentunya memudahkan pengguna dalam menentukan konfigurasi yang diinginkan menjadi terpenuhi dengan menggunakan MySQL. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut :


  • Relational Database System, seperti halnya softwae database lain yang ada di pasaran, MySQL merupakan software database yang masuk dalam golongan RDBMS.
  • Arsitektur Client-Server, MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer yang lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.
  • SQL Query, Structure Query Language (SQL) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software databse. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003.
  • Mendukung sub-select, views, stored procedured (sp), triggers, replication, foreign-key serta mendukung GIS.
Itulah penjelasan singkat mengenai MySQL Database. Semoga dapat membantu menambah pengetahuan database kita. Salam Semangat!!!

Smart IndONEsia!!!
Dirgahayu Indonesia ke-72,,, MERDEKA!!! 
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama