Merasa Dimanfaatin ? Hindari 3 Kebiasaan Ini

Saat berteman pasti kita memiliki tujuan agar bisa berhubungan baik dengan orang lain. Kita pun melakukan segala hal agar bisa disebut sebagai teman yang baik. Mulai dari sering membantu teman yang sedang mengalami kesusahan hingga selalu memberikan perhatian kepada mereka.
Jika kita memiliki teman yang baik, tentunya mereka tidak akan memperlakukan kita dengan semena-mena. Banyak orang yang menyalahgunakan kebaikan kita lo guys sebab kita selalu berbuat baik kepada mereka, maka akibatnya kita selalu dimanfaatkan oleh mereka. Rasa saling menghormati seperti layaknya seorang teman tidak ada dikarenakan mereka hanya memerlukan bantuan kita saja.
Nah untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita harus menghindari hal-hal sepele yang biasanya kita lakukan dengan tanpa sadar. Sebab hal-hal berikut ini bisa membuat kita jadi orang yang selalu dimanfaatkan oleh mereka yang tidak berniat berteman dengan baik. Simak penjelasannya berikut ini guys!!!
  • Tidak berani berjalan sendiri, kemanapun butuh seorang teman
Jika tidak ingin dimanfaatkan oleh orang lain, maka cobalah untuk menjadi orang yang berani dan percaya diri. Saat akan pergi kemanapun, belajarlah untuk sendiri karena jika kita selalu meminta untuk ditemani oleh seseorang maka  ujungnya kita akan dimanfaatkan dengan semena-mena oleh mereka.
Memang jalan-jalan sendiri itu tidak asyik, tetapi kita harus belajar tidak selalu tergantung kepada orang lain apalagi sampai memberi traktiran agar mereka mau menemani perjalan kita. 
  • Selalu berkata "ya" tanpa pernah menolak
Saat orang lain butuh bantuan, memang sebaiknya kita mau memberikan bantuan apalagi jika mereka sangat membutuhkan sebuah pertolongan terlebih jika kita mampu memberikan bantuan. Namun, yang harus kita perhatikan adalah ada saatnya kita harus bisa mengungkapkan penolakan terhadap permintaan tolong orang lain. Saat kita sudah merasa tidak mampu memberikan bantuan sebaiknya jangan memaksakan diri. Apalagi jika orang itu selalu datang kepada kita ketika mereka hanya membutuhkan bantuan saja. Bisa dipastikan dia bukan teman kita yang sesungguhnya guys, dia hanya memanfaatkan kemampuan kita untuk kepentingan pribadinya tanpa memperdulikan makna pertemanan.
  • Menghindari suatu masalah tanpa mencari solusinya
Kehidupan remaja pastinya tidak akan jauh dari yang namanya masalah. Mulai dari masalah dengan diri sendiri hingga bermasalah dengan teman. Saat kita memiliki masalah dengan teman, lebih baik selesaikan masalah itu dengan tuntas. Jangan kita selalu menghindari masalah sehingga teman kita bisa berlaku semena-mena. Orang baik bukanlah orang yang selalu mengalah dan menjauhi. Sebab orang yang baik adalah orang yang bisa menyelesaikan masalah mereka dengan damai tanpa dibuntuti konflik yang berkepanjangan.

Itulah 3 hal sepele yang bisasanya tidak sadar kita lakukan hingga berujung dengan dimanfaatkannya kita orang teman kita dengan semena-mena guys. Hindari hal-hal diatas ya guys, agar kita tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Kunci utaa agar tidak melulu dianggap sepele dan dimanfaatkan adalah selalu percaya diri dan bisa mengambil keputusan sendiri guys.

- Selamat Malam -

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama