10 Negara Dengan Bahasa Terbanyak

Hasil gambar untuk bahasa
Bahasa-Bahasa Dunia

Di banyak negara, bahasa yang hidup bukan hanya bahasa yang dinyatakan sebagai bahasa resmi negara. Di beberapa negara, jumlah bahasa yang ada bisa ratusan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah bahasa yang paling banyak. 

#10. Brazil
Menurut Ethnologue, organisasi yang mempublikasikan riset tentang bahasa-bahasa di dunia, di Brazil hidup 229 bahasa. Artinya bahasa yang dipakai secara aktif dalam keseharian oleh warganya dalam kesehariannya jumlahnya 229 bahasa. Tetapi bahasa resmi yang ditetapkan oleh Brazil adalah bahasa Portugis. Menurut data, Portugis juga bahaya yang paling banyak digunakan di Brazil.

#9. Australia
Yang mengejutkan, di Australia hidup 245 bahasa. Demikian data statistik Ethnologue tahun 2016. Di samping jumlah bahasa yang cukup banyak, tingkat buta aksara di Australia sangat rendah. 99% penduduk Australia bisa melakukan baca dan tulis. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi negara.

#8. Kamerun
Di negara Afrika Tengah ini hidup 281 bahasa. Sementara jumlah penduduknya menurut estimasi tahun 2013 yaitu 22.500.000 orang. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris dan Perancis.

#7. Meksiko
Dari 289 bahasa yang tercatat di Meksiko, menurut Ethnologue, 285 masih hidup dan 4 bahasa tidak punya penutur lagi. Dari yang masih hidup, 281 berasal dari wilayah Meksiko sendiri, dan 4 dari luar. Bahasa-bahasa asli itu diakui sebagai bahasa resmi di kawasan, di mana bahasa aktif digunakan. Bahasa Spanyol sebenarnya bukan bahasa resmi di tingkat federal, tetapi paling banyak digunakan.
Hasil gambar untuk bahasa
#6. Cina
Ada 300 bahasa yang hidup di negara Cina. Menurut Ethnologue, Mandarin yang merupakan salah satu dialek bahasa di Cina menjadi bahasa resminya. Sekitar 70% dari 1,3 milyar penduduk Cina menggunakan bahasa ini.
#5. Amerika Serikat (USA)
Tercatat ada 422 bahasa yang digunakan di negara Amerika Serikat. Menurut hasil riset Ethnologue, 211 bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa yang dibawa imigran. Bahasa resmi di negara Amerika Serikat adalah bahasa Inggris.

#4. India
Sekitar 454 bahasa hidup di daratan Hindustan, bahasa-bahasa ini digunakan oleh lebih dari 1,3 milyar penduduknya. Bahasa nasional yang berlaku di tanah India adalah bahasa Hindi. Sementara bahasa Inggris digunakan luas dalam administrasi pemerintah.

#3. Nigeria
Di Nigeria, 520 bahasa digunakan oleh penduduk-penduduknya. Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Selain itu, Yoruba, Hausa, Igbo juga digunakan di parlemen. Setiap bahasa itu mempunyai penutur sekitar 20 juta orang. Populasi di neraga Nigeria berjumlah lebih dari 186 juta orang.

Hasil gambar untuk bahasa#2. Indonesia
Di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) / Nusantara ada sekitar 707 bahasa yang digunakan oleh penduduknya. Demikian menurut data hasil riset Ethnologue, sekitar 98 bahasa diantaranya yang hanya digunakan di daerah tertentu terancam tidak memiliki penurut lagi.

#1. Papua Nugini 
Inilah negara dengan jumlah bahasa terbesar di dunia. Menurut hasil riset, ada sekitar 839 bahasa yang hidup di daratan ini. Jumlah bahasa hidup di bagian timur Provinsi Papua ini dua kali lebih banyak dari jumlah bahasa yang digunakan di seluruh Eropa.

Itu merupakan informasi-informasi tentang jumlah bahasa guys, kita sebagai negara dengan pemilik bahasa terbanyak kedua, sudah sepatutnya berbangga dan merasa hebat. Dimana orang-orang yang berbeda suku, bahasa, budaya dan adat bisa bersatu dalam wadah Indonesia. 
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama