OS : Mengenal Sistem Operasi Windows

Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu untuk mengolah sumber daya yang ada dalam piranti komputer secara keseluruhan, bisa dikatakan juga bahwa sistem operasi adalah daemon dari sebuah komputer.

Dalam sistem operasi komputer multitasking, daemon adalah program komputer yang berjalan sebagai proses latar belakang, alih-alih berada di bawah kendali langsung pengguna interaktif. Secara tradisional, nama proses daemon diakhiri dengan huruf d, untuk klarifikasi bahwa proses tersebut, pada kenyataannya, adalah daemon, dan untuk diferensiasi antara daemon dan program komputer normal. Sebagai contoh, syslogd adalah daemon yang mengimplementasikan fasilitas sistem logging, dan sshd adalah daemon yang melayani koneksi SSH yang masuk.

Ada beragam macam sistem operasi yang beredar saat ini, mulai dari yang untuk komputasi ( PC - Laptob ), HP, TV bahkan sampai sistem operasi untuk jam tangan. Sistem operasi tersebut memang dibuat dan di desain sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti akan ada sistem operasi untuk rumah kita juga 😁

Salah satu sistem operasi yang paling umum dikenal oleh pengguna adalah sistem operasi Windows ( baca : versi desktop ). OS ini banyak sekali terpasang di PC maupun laptop milik peserta didik, guru, instansi bahkan komputer rumah. Sehingga kebanyakan pengguna komputer pasti mengenal OS ini untuk pertama kali menggunakan komputer.
 
Karena ketenarannya itu, Windows menjadi sangat familiar dan dianggap sebagai sistem operasi yang mudah digunakan ( user-friendly ) ditambah dengan beragam fitur-fitur baru yang dihadirkan pada tiap pembaruan sistem operasi ini. Sejak pertama kali dirilis pada 20 November 1985 sebagai Windows 1.0, kini Windows telah menjadi sebuah base on design untuk sebuah sistem komputer.

Kini ( 2023 ), Windows telah berada di versi 11. Dan untuk sistem Windows saya sendiri bisa dilihat dengan rincian sebagai berikut :

------------------
System Information
------------------
      Time of this report: 2/11/2023, 09:43:07
         Operating System: Windows 11 Home Single Language 64-bit (10.0, Build 22621) (22621.ni_release.220506-1250)
                 Language: English (Regional Setting: English)
                     BIOS: X412FLC.303 (type: UEFI)
                Processor: Intel(R) Core(TM) i5-10210U CPU @ 1.60GHz (8 CPUs), ~2.1GHz



Windows sebagai sebuah sistem memiliki hal-hal yang menarik dan menjadi alasan banyak orang mengapa menggunakannya. Berikut kami sampaikan alasan-alasan tersebut, dan mungkin kalian adalah pemilik salah satu alasan di bawah ini :
  1. Mudah digunakan, hal ini umum sekali. Dengan tenarnya Windows di kalangan pengguna komputer membuatnya sering kali dilihat dan dipakai oleh banyak orang. Akhirnya membuat pengguna terbiasa dengan UI Windows bahkan hafal dengan letak berbagai komponen yang dimiliki oleh Windows.
  2. UI yang menarik, walaupun dari segi UI masih kalah dari tetangga sebelah. Tentu tidak membuat pandangan berbagai kalangan menilai produk UI Windows rendah, hal ini didukung oleh status perusahaan pemilik sistem operasi Windows sendiri yaitu Microsoft. Sebuah perusahaan raksasa yang secara otomatis tim IT yang dimilikinya bukan orang-orang sembarangan dalam mendesain sebuah sistem UI.
  3. Dukungan yang berkelanjutan, dengan harganya yang lumayan sistem operasi Windows diberikan dengan sebuah dukungan yang lumayan maksimal. Banyak pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft untuk mengamankan anaknya ini. Bahkan untuk Windows versi lama pun masih di dukung dalam ekosistemnya. Jika memang akan dimatikan dukungannya, Microsoft akan memberikan solusi jauh-jauh hari sebelum benar-benar mati dukungan sistemnya.
  4. Banyak pilihan piranti lunak, untuk hal ini Windows merupakan juaranya. Banyak sekali perangkat lunak ( software ) yang mendukung ekosistem Windows. Mulai dari perangkat lunak design, editor video, perkantoran, permaian, menonton dan lainnya. Banyak dari perangkat lunak yang ada di Windows tetapi tidak ditemukan di tetangga sebelah, bahkan jika ada yang sepadan kebanyakan tidak se-powerfull perangkat lunak yang ada di dalam ekosistem Windows.
Tentu selain 4 alasan diatas, masih banyak penyebab Windows memiliki banyak sekali pengguna jika dibahas lebih rinci. Selain memiliki alasan untuk menggunakan sistem operasi Windows, beberapa kalangan juga memiliki nilai pandangan khusus terkait sistem operasi ini. Hal itu menyebabkan mereka beralih kepada sistem operasi lain, berikut beberapa alasan tersebut :
  1. Harga, yap! Pada bagian ini memang kebanyakan menjadi landasan utama pengguna berpindah ke sistem Macintosh atau Linux. Karena sistem operasi ini gratis, hanya membayar di awal ( pembelian Mac ) bahkan untuk Linux gratis total.
  2. Programming, banyak orang-orang IT yang menggunakan Linux atau Mac setelah merasakan menggunakan dua OS ini. Karena dari segi coding, banyak testimoni mengatakan lebih pas untuk melakukan coding di ekosistem tersebut.
  3. Virus, kendala besar bagi pengguna Windows adalah di bagian ini. Maka kita sering melihat iklan atau bahkan tidak asing dengan kalimat anti virus. Hal ini karena sistem operasi ini masih dikatakan rentan terhadap serangan virus. Berbanding terbalik dengan 2 kompetitornya yaitu Linux dan Mac yang sudah ampuh dari serangan virus-virus.
  4. Perangkat lunak berbayar, di dalam ekosistem Windows perangkat lunak yang urgent kebanyakan berbayar. Seperti halnya piranti lunak untuk perkantoran, design bahkan editing video. Berbeda dengan ekosistem tetangganya, karena OS bersifat open source makanya banyak aplikasi di dalamnya juga open source. Kalaupun close source, aplikasinya kebanyakan gratis dengan lisensi GNU.
Nah, itu sedikit ulasan tentang ikhtisar sistem operasi Windows. Bagaimana dengan detail setiap versinya!?
Tunggu saja yah untuk artikel tentang Windows di artikel-artikel mendatang 😁😌
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama