Flutter : Package GetX untuk Lebih Cepat Coding

Flutter merupakan bahasa pemrograman yang antusiasmenya sangat tinggi saat ini. Bahasa ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang berjalan di dua platform sekaligus, yaitu iOS dan Android.

Hanya dengan sedikit perubahan pada bagian setting code, taraaa source code sudah lintas platform. Dan sudah maklum bahwa dalam membuat sebuah program dengan flutter kita tidak terlepas dari yang namanya depedency ( package ), salah satu package yang saat ini sedang agak viral di bahasa ini adalah GetX.

Dalam informasi yang dicantumkan di pub.dev, GetX di definisikan :

GetX is an extra-light and powerful solution for Flutter. It combines high-performance state management, intelligent dependency injection, and route management quickly and practically.

Package ini memiliki ekstra solusi untuk flutter. Dengan mengkombinasikan performa tinggi untuk state management, injeksi dependency dan manajemen route.
GetX memegang 3 pilar prinsip dasar, yaitu :

  • Produktivity
  • Performance
  • Organization
Contoh productivity dari flutter GetX adalah saat kita melakukan coding untuk berpindah screen, kode reguler flutter :
Navigator.push(
    context,
    MaterialPageRoute(builder: (context) {
      return ContohHalaman();
     })
);

Sedang dengan package GetX, source code akan menjadi :
Get.to(ContohHalaman());

Bagaimana!? Simpel sekali bukan 😁

Dari yang awalnya kita membutuhkan 6 baris penulisan kode agar terlihat rapi, dengan depedency GetX menjadi lebih simpel / ringkas. Pengalaman lain yang akan di dapatkan dari menggunakan paket ini adalah kemudahan-kemudahan dari segi :
  • Route Management
  • State Management
  • Depedency Management
  • Tema
  • Multi Bahasa
  • Long Support to Flutter
Dependensi GetX ini berada di url disini
Di halaman web dependensi flutter itulah kita bisa menemukan cara penggunaan GetX lebih lengkap disertai dengan contoh-contohnya.
Halaman awal pub.dev, yaitu readme menunjukkan ringkasan dari paket yang bersangkutan :


Kemudian lihat juga tab menu selanjutnya satu per satu agar bisa paham tentang dependency GetX ini. Tetapi yang paling penting ada di bagian installing, sebab biasanya banyak yang mengalami kendala. Apalagi pengguna baru flutter, baca baik-baik baru di praktikkan :


Siplah, sampai disini pengenalan tentang GetX. Good luck!
Happy coding 😇

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama