PHP : Cara Hapus Data dengan PHP - MySQL

Hay gaes 😇 

Melanjutkan dari artikel sebelumnya terkait display data mysql dengan php, kini kita akan belajar bagaimana caranya menghapus sebuah data yang ada dalam mysql melalui web ( HTML - PHP )

Yang pertama, pada tampilan sebelumnya kita perlu mengubah menjadi seperti tampilan yang ada dibawah ini. Gunanya agar kita bisa melakukan operasi lanjutan ( update / delete ) pada data yang telah kita simpan di dalam basis data mysql.

Setelah berhasil menampilkan data dari basis data mysql dengan php ( cek artikel sebelumnya disini ). Buatlah UI menjadi seperti dibawah ini dengan tag <table> sehingga menjadi :


Di bagian kanan, kita menambahkan sebuah kolom baru ( Aksi ) yang isinya nanti merupakan sebuah operasi lanjutan untuk data yang kita miliki. Dalam aksi itu kita menambahkan dua buah teks tautan ( link ) untuk mengarahkan kita pergi ke halaman Hapus.

Buat tautan ( link ) dengan perintah :

<a href="hapus.php?nis=<?php echo $data['nis'] ?>">Hapus</a>

Di dalam tag href kita menyertakan sebuah perintah php untuk menampilkan data nis. Nantinya setelah tulisan tautan Hapus di klik, ini akan mengarahkan kita ke halaman hapus.php disertai dengan membawa sebuah value nis dengan metode GET.

Next, kita buat sebuah file baru dengan nama hapus.php kemudian kita isi dengan baris-baris kode untuk hapus data di dalam basis data mysql dengan php :

<?php
    $nis = $_GET['nis'];
    $server = mysqli_connect("localhost","root","","latihan_xpplg");
    echo $nis; // cek  nis apakah memang benar ada
 
    $sql = "DELETE FROM profil_siswa WHERE nis = '$nis'";

    $query = mysqli_query($server, $sql);
     if ($query) {
        echo "Data berhasil dihapus!";
        echo "<a href='tampil.php'> Tampilkan Data</a>";
    } else {
        echo "Penghapusan gagal sebab : <br>".mysqli_error($server);
    }
?>

Dari kode diatas kita pertama menangkap nis yang dikirimkan melalui metode GET dari hasil klik tautan Hapus. Kemudian dengan $sql :

"DELETE FROM profil_siswa WHERE nis = '$nis'";

Kita lakukan penghapusan data dalam tabel profil_siswa yang memiliki nis sesuai atau sama dengan nis yang tadi telah kita tangkap dengan variabel $nis.

Jika hapus berhasil maka dengan echo, kita tampilkan tulisan Data berhasil dihapus!. Jika sebaliknya akan tampil pesan error.

Coba jalankan dan lihat hasilnya, yeeeaay....

Berhasil kan untuk penghapusan datanya 😁

⚠ Untuk menghapus suatu data, pastikan selalu menggunakan tambahakan WHERE agar data dalam basis data mysql kita tidak terhapus semua.

Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama