Mengenal Sistem Operasi Ampuh Tanpa Virus ( Linux )

Linux...
Sebuah kata yang sangat asing mungkin ya bagi beberapa orang yang tidak berkecimpung dalam bidang IT. Sebab dalam lingkaran IT juga masih banyak yang merasa asing dengan kata Linux, beberapa sudah tahu tetapi tidak pernah menggunakan 😀

Apa itu linux ?
Linux merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh seorang programmer bernama Linus Torvalds ( biografi ) dengan ketahanan yang sangat mumpuni terhadap berbagai virus.
Linux memiliki keunikan tersendiri dari beberapa OS komputer lain, keunikan Linux antara lain adalah variasi dari OS ini sendiri sangat banyak.

Masing-masing dari varian menawarkan hal yang berbeda dari segi experience tetapi hampir sama dalam hal fungsi serta keamanannya. Selain itu, keunikan lain adalah ada perbedaan depedensi instalasi aplikasi. Hal ini sekaligus menjadikan suatu kesulitan tersendiri dalam perpaketan aplikasi.

Selain hal diatas, dalam penggunaan OS Linux ini dikenal akan ketangguhannya beroperasi. Kita tidak perlu melakukan restart OS ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama, berbeda dengan OS jendela yang perlu kita restart saat sudah lama kita gunakan sebagai bentuk refresh sistem. 

 

Dalam dunia kerja OS ini banyak digunakan oleh para programmer untuk melakukan coding bahkan untuk konfigurasi jaringan. Pada dalam teorinya ( sekolah - kampus ) kebanyakan kita menggunakan Windows. 

Linux dengan berbagai ragamnya menjadi pilihan yang diutamakan ketika menangangi permasalahan keamanan dan sebab open source-nya. Kita diberi akses untuk mengubah berbagai hal yang ada dalam Linux, bahkan kita bisa membuat sebuah OS dengan UI sesuai keinginan kita.

Walaupun dengan sistem Linux, kita bisa mengubah UI menjadi Windows, Mac bahkan menjadi tampilan Chrome OS. Bahkan menggabungkan beberapa UI sekaligus 😁
Selain itu, dengan Linux kita tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang berjalan dalam sistem Windows. Kenapa!? Sebab ada beberapa aplikasi yang memang sangat kita  butuhkan namun belum tersedia gantinya di Linux.

Selain beberapa keunggukan di atas, Linux juga unggul dari segi memori. Dengan memori yang minimum kita tetap  bisa menggunakan Linux dengan optimal.

Beberapa vendor Linux yang sudah dikenal luas antara lain :
  • Ubuntu
  • Linux Mint
  • Kali Linux
  • RedHat
  • FreeBSD
dan ratusan vendor-vendor lain. Bahkan tidak kalah penting di Indonesia juga memiliki varian Linux yaitu IGOS ( Situs Resmi ).
Dari situs resminya dijelaskan bahwa IGOS :
IGOS Nusantara disingkat IGN adalah sistem operasi dengan perangkat lunak legal, handal dan tanpa membayar lisensi untuk pengguna di Indonesia. IGOS Nusantara dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama dengan komunitas. IGOS Nusantara secara konsisten dikembangkan sejak tahun 2006. Setiap tahun dikeluarkan versi baru. Versi pertama dirilis tahun 2006 memakai nama IGN 2006 (R1), lalu IGN 2007 (R2), IGN 2008 (R3), IGN 2009 (R4), IGN 2010  (R5) dan IGN 2011 (R6). Mulai rilis ketujuh atau R7, IGOS Nusantara tidak memakai kode tahun. Sejak IGN 8.0, selain versi 32bit juga tersedia versi 64bit. Tahun 2014 tersedia rilis sepuluh atau IGN X.
Nah dari berbagai varian Linux itu, man teman sudah pernah mencoba yang mana ? 😇
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama