Membuat Program Persegi Panjang Dengan C++

Assalamu'alaikum wr. wb

Selamat sore AG-Friends! Pada kesempatan yang baik ini AQIEM Group akan membagi sebuah source code untuk teman-teman yang sedang belajar tentang pemrograman C++ dan dasar logika pemrograman.

Source code yang dibuat ini adalah program penghitung untuk mencari luas dalam bangun datar persegi panjang. Sudah mengenal persegi panjang kan AG-Friends ? Kalau belum balik lagi ke kelas IV SD yah, hehe.........

Langsung saja perhatikan source code dibawah ini :

/*
Program Name : Program Persegi Panjang C++
Program By : AQIEM Group
*/


#include<iostream>
#include"conio.h"
using namespace std;
    int main(){
        float panjang, lebar, hasil;
        cout<<"Masukan Panjang Persegi Panjang : ";
        cin>>panjang;
        cout<<"Masukan Lebar Persegi Panjang : ";
        cin>>lebar;
        hasil = panjang * lebar;
        cout<<"Luas Persegi Panjang : "<<hasil<<endl;
        getch();
    }


Pada kode diatas dapat secara otomatis dipahami bahwa terdapat pemberian atau pengikutserataan header iostream, header conio.h dan juga pemberitahuan kepada compiler bahwa kita menggunakan source code yang sudah standard, bagi yang belum mengerti tentang header  baca lebih lanjut disini.

Setelah itu pada bagian badan main() dibuat tiga (3) variabel yaitu panjang, lebar dan hasil. Variabel panjang adalah variabel yang digunakan untuk menampung nilai inputan dari user berupa angka (bisa berupa integer / bulat maupun yang tidak bulat seperti float, double ataupun long) begitu juga dengan variabel lebar. Sedangkan untuk variabel hasil merupakan variabel yang digunakan untuk menampung nilai keluaran (hasil) dari operasi aritmatika dari variabel panjang dan lebar.

Perintah cout<<" "; merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan sebuah pernyataan ke layar komputer. Setelah tahu arti dari perintah cout<<" "; pastinya sekarang sudah tidak bingung kan dengan arti dari perintah cin>> ? Perintah cin>> digunakan untuk memberikan inputan melalui monitor tepatnya dari keyboard (hehehe) kedalam varibel guys.

 hasil = panjang * lebar;

Pada potongan kode merupakan operasi aritmatika berupa perkalian guna mengetahui hasil dari luas persegi panjang. Perlu diketahui bahwa rumus mencari luas dari persegi panjang adalah : 
Terakhir yaitu perintah getch(); apa si gunanya ? Perintah ini gunanya hampir sama dengan perintah yang kemaren AQIEM Group berikan contoh. Yaitu perintah :

...
system("pause");
return 0; 
...

Masih ingat ? Kalau tidak ingat baca lagi disini ya AG-Friends. Nah, setelah selesai mengetik source code diatas, tinggal klik tombol compile atau dengan menekan tombol F9 dan tombol run atau dengan menekan tombol F10. Bisa juga dengan langsung menekan tombol F11, yaitu jalan pintah untuk langsung meng-compile & run sebuah source code.

Dan setelah di-compile & run akan tampil seperti berikut :
Sebagai contoh inputkan sebuah nilai integer (bulat) maka akan dihasilkan output seperti berikut ini :
Atau bisa juga menggunakan nilai yang non-int karena variabel-variabel itu dibuat dengan deklarasi tipe data float maka bisa menerima nilai yang tidak bulat, berbeda dengan variabel yang dideklarasikan dengan tipe data integer yang tidak bisa menerima angka non-bulat. Perhatikan!

Pahami ya AG-Friends! Semoga menjadi Programmer yang handal seperti Steve Jobs atau Bill Gates bahkan seperti Linus Torvalds :) Amiiiieeen... Terus latih kemampuan programming dengan mencoba dan terus mencoba ya kawan. Kalau ada pertanyaan AQIEM Group sangat merima sekali dengan langsung berkomentar atau dengan mengirim Wall Message di Facebook Page AQIEM Group.
Cukup sekian.........

Wassalamu'alaikum wr. wb 
Ahmad Istakim

Alumni dari jurusan Manajemen Informatika di Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ ) Wonosobo. Tertarik dalam bidang pendidikan, teknologi komputasi dan disiplin ilmu keislaman ( Tafsir, Hadits, Arudl, Nahwu-Sharaf, Fiqh maupun Aqidah ) - https://s.id/blog-islamQ. Pernah juga mengenyam pendidikan di beberapa pesantren yang ada di Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama